5 Wisata Candi Di Indonesia Yang Paling Menarik Dan Populer

Wiwin Indriani 0 Komentar

Dari semua bangunan prasejarah di Indonesia, terdapat beberapa wisata candi yang populer dan menarik untuk dikunjungi.

INDIFFS.COM – Indonesia memiliki banyak bangunan prasejarah yang masih dipelihara dengan sangat baik oleh pemerintah dan menjadi tempat wisata populer. Dari semua bangunan prasejarah di Indonesia tersebut, ada juga sejumlah candi yang menarik untuk dikunjungi. Nah, bagi kamu yang tertarik mengunjunginya, simak wisata candi Indonesia di bawah ini.

Wisata Candi Di Indonesia

Berikut ini ada beberapa candi yang menjadi destinasi wisata populer dan eksotis yang dapat kamu kunjungi:

1. Candi Cangkuang

Cangkuang

Candi Cangkuang – Indonesia Traveler

Wisata candi di Indonesia yang pertama yaitu Candi Cangkuang yang terletak di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Candi peninggalan Hindu ini menjadi satu-satunya candi yang masih utuh di wilayah Tanah Priangan.

Tidak seperti candi-candi lainnya, Candi Cangkuang berdiri megah di tengah danau yang luas yakni Situ Cangkuang. Untuk mencapainya, kamu harus menaiki rakit tradisional melintasi danau terlebih dahulu. Selama 10 menit perjalanan melintasi danau, kamu akan dimanjakan oleh lanskap gunung yang mengitarinya, mulai dari Gunung Haruman, Gunung Mandalawangi, hingga Gunung Guntur.

Kamu juga akan berkesempatan memutari kompleks pemukiman adat Kampung Pulo. Di kampung ini, hanya terdapat enam bangunan yang ditinggali enam kepala keluarga. Jumlahnya tak pernah berubah dari waktu ke waktu.

2. Candi Dieng

Candi Dieng

Candi Dieng – Tirto.ID

Wisata candi di Indonesia yang berikutnya adalah Candi Dieng. Candi ini berada di Wonosobo, Jawa Tengah dan termasuk kedalam candi peninggalan Hindu di Indonesia. Candi ini dibangun pada akhir abad ke 8 hingga 9. Komplek candi yang berada di pegunungan Dieng ini sangatlah luas.

Candi Dieng dibagi menjadi tiga kelompok dan satu candi yang berdiri sendiri. Nama kelompok dan nama candi diambil dari para tokoh Mahabarata yaitu kelompok Arjuna, kelompok Gatotkaca, kelompok Dwarawati, dan Candi Bima.

3. Candi Borobudur

Borobudur

Candi Borobudur – Kompas.com

Didirikan sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra, Candi Borobudur ini merupakan kuil dan monumen Buddha terbesar didunia. Hal ini menunjukkan betapa megah wisata candi Indonesia satu ini.

Sampai saat ini, Candi Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan dan setiap tahunnya umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak.

4. Candi Sewu

Wisata Candi Sewu

Candi Sewu – Saint-D

Dibangun pada abad ke-8, Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Candi ini letaknya tidak jauh dari sebelah utara Candi Prambanan, yaitu hanya 800 meter.

Candi Sewu berusia lebih tua dibandingkan Candi Prambanan. Meskipun usianya sendiri sudah tua, namun kompleks candi ini sebenarnya tidak terdiri dari seribu candi. Jumlah candi di kompleks ini diperkirakan ada sekitar 249.

5. Candi Prambanan

Prambanan

Candi Prambanan – SiBakul Jogja

Wisata candi di Indonesia ini didedikasikan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa penjaga dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu (Syaiwa) terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Berdasarkan prasasti Siwagrha, nama asli kompleks candi yang juga dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang ini adalah Siwagrha yang dalam bahasa Sansekerta berarti Rumah Siwa.

Nah, itulah beberapa wisata candi di Indonesia terpopuler dan eksotis yang dapat kamu kunjungi bersama teman maupun keluarga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru