6 Aktivitas yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi!

Dini NHaH 0 Komentar

Daya Ingat adalah kemampuan mengingat kembali pengalaman yang telah berlalu atau terlewati, biasanya mempunyai arti sendiri dalam kehidupan.

indiffsDaya ingat dan konsentrasi erat kaitannya dengan fungsi otak. Oleh karena itu, untuk memilikinya dengan baik, kesehatan otak harus tetap terjaga dan terpenuhi nutrisinya.

Seiring waktu berjalan, fungsi otak akan menurun akibat proses penuaan yang memengaruhinya. Selain itu, faktor genetika dan kondisi kesehatan yang tidak berdampak pada daya ingat seseorang.

Lalu, hal apa saja yang harus dilakukan agar bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi?

1. Lakukan Pelatihan Otak

Sama halnya dengan otot, otak juga perlu digunakan secara teratur agar tetap sehat. Dengan menantang pikiran dapat membantunya tumbuh dan berkembang sehingga dapat meningkatkan daya ingat.

2. Kurangi Asupan Gula

Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh akan memicu timbulnya berbagai macam kesehatan, termasuk penurunan kognitif yang berakibat pada penurunan daya ingat.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minuman manis berlebihan akan membuat tingkat ingatan seseorang menurun dibandingkan dengan mereka yang menerima asupan gula lebih sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi asupan gula dalam makanan sehari-hari.

3. Latihan Fisik

Latihan fisik berdampak langsung pada kesehatan otak. Olahraga teratur dapat mengurangi risiko penurunan kognitif seiring bertambahnya usia dan melindungi otak dari degenerasi.

4. Tidur yang Cukup

Tidur menjadi peran penting dalam proses konsolidasi memori, yaitu dimana otak merubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang. Oleh sebab itu, kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kemampuan konsentrasi. Disarankan memiliki waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam per hari untuk mengoptimalkan kesehatan.

5. Biasakan Diri Mengorganisir Hal-hal Kecil

Sering kali seseorang lupa akan barangnya karena diletakkan di sembarang tempat. Oleh karena itu, cobalah merapikan barang-barang pribadi di sekitar.

Mulai dari hal-hal sepele, seperti menaruh barang kembali pada tempatnya, menulis agenda harian, dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut akan membuat otak lebih fokus, sehingga daya ingat tetap terjaga.

6. Aktif Bersosialisasi

Menjalin komunikasi dengan teman, sahabat, serta orang-orang terdekat merupakan salah satu cara yang ampuh. Sebab bersosialisasi mampu menurunkan kemungkinan terkena stres dan depresi, dimana kedua hal tersebut termasuk penyebab pemicu dalam menurunnya konsentrasi.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru