6 Amalan Sunah Saat Hari Raya Idul Adha yang Perlu Diketahui

Dini NHaH 0 Komentar

Selain bertakbir, berkurban, dan melaksanakan sholat Ied, berikut ini merupakan Amalan Sunah yang yang dianjurkan saat hari raya Idul Adha.

indiffsIdul Adha merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat muslim, kini tinggal menghitung hari. Selain berkurban, Amalan Sunah lainnya yang dianjurkan adalah Shalat Ied. Adapun syarat dan rukun Shalat Ied Adha sebenarnya mirip dengan Shalat lainnya. Demikian pula dengan hal-hal yang membatalkan dan pekerjaan-pekerjaan atau ucapan-ucapan yang disunnahkan.

Umumnya, menjelang Idul Adha, umat Islam menunaikan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Berikut ini beberapa Amalan sunnah lainnya yang dianjurkan pada hari raya Idul Adha:

1. Mengumandangkan Takbir

Amalan sunah pertama adalah mengumandangkan takbir. Umat muslim disarankan untuk mengumandangkan takbir dimalam hari raya hingga malam ketiga hari tasyrik. Mengumandangkan takbir bisa dilakukan di masjid, mushola atau rumah-rumah.

2. Mandi Sebelum Shalat Ied

Disunnahkan mandi sebelum berangkat ke mesjid untuk melaksanakan Shalat Ied. Hal ini boleh dilakukan mulai pertengahan malam, sebelum waktu subuh, dan yang lebih utama adalah sesudah waktu subuh.

3. Menggunakan Pakaian Terbaik

Di hari raya besar Islam, umat Islam disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaiknya, khususnya saat akan melaksanakan Shalat Ied. Pakaian terbaik bukan berarti pakaian baru dan mahal. Pakaian terbaik adalah pakaian yang paling bagus dari yang kita miliki. Karena sebaik-baiknya pakaian di hadapan Allah adalah pakaian “taqwa”.

4. Memakai Wangi-wangian

Amalan berikutnya adalah memakai wangi-wangian, memotong rambut, memotong kuku, serta menghilangkan bau tidak sedap. Hal ini dilakukan demi mendapatkan keutamaan pada hari raya Idul Adha.

5. Jalan Kaki Menuju Masjid

Sunah hukumnya berjalan kaki menuju masjid atau lapangan tempat melaksanakan Shalat Ied. Beberapa pendapat bahkan mengungkapkan jika sebaiknya jalan yang dilalui saat pergi dan pulang dari masjid adalah jalan yang berbeda.

6. Makan Setelah Shalat Ied

Di hari raya Idul Fitri, disunnahkan untuk makan sebelum melaksanakan Shalat Ied. Sementara pada Idul Adha, disunnahkan untuk makan setelah selesai melaksanakan Shalat Ied.

Demikianlah beberapa amalan sunnah yang sebaiknya dilaksanakan saat hari raya Idul Adha, semoga bermanfaat dan selamat menyambut datangnya hari raya Idul Adha bagi seluruh umat muslim.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru