6 Bahan Alami Pelancar Haid, Cara Ampuh Untuk Mengatasinya!

Resa Azzahra 0 Komentar

Bahan alami ini dipercaya ampuh untuk pelancar haid yang kurang lancar dan sakit. Jika ingin mengetahuinya simak ulasannya berikut ini ya!

INDIFFS.COM – Rata-rata, siklus haid normal datang setiap 28 hari sekali. Namun, haid yang tidak teratur, bisa menjadi tiap 21-36 hari atau bahkan tidak bisa diprediksi. Siklus haid yang tidak teratur atau lambat, sering kali membuat kita cemas. Telat haid bukan berarti kita mengalami salah satu dari masalah kesehatan loh, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang dapat menjadi bahan pelancar haid.

Riset ilmiah menunjukkan perempuan bisa melancarkan haid atau mengatur kembali siklus haid dengan cara non-medis dan perubahan gaya hidup dengan menjaga pola makan serta rutin berorahraga. Berikut ini adalah beberapa bahan yang diduga dapat menjadi cara agar haid cepat keluar dan lancar. Yuk simak langsung:

1. Jahe

Jahe

Jahe – Pikiran Rakyat.com

Bahan ini sendiri merupakan rempah dengan emmenagpgue atau substansi yang dapat menstimulasi atau meningkatkan aliran darah haid. Jamu pelancar haid jahe dianggap dapat meningkatkan suhu di sekitar rahim, sehingga memicu kontraksi. Menyisipkan jahe pada diet harian, bisa membantu memperlancar haid. Jahe bisa dikonsumsi menjadi minuman dengan dicampur pada teh atau dengan merebus. Setelah itu berikan tambahan madu.

Minumlah secangkir air jahe segar (perbandingan 2:1) setiap pagi dengan kondisi perut kosong selama beberapa hari.

2. Kayu Manis

kayu manis

Kayu Manis – Farah.id

Kandungan yang ada dalam kayu manis memiliki efek sensitivitas insulin pada penderita dengan gangguan menstruasi, termasuk akibat PCOS. Dalam penelitian, sudah dibuktikan jika 17 wanita yang menyelesaikannya dalam 6 bulan. Selama 6 bulan, siklus ini lebih sering terjadi pada pasien yang mengonsumsi kayu manis dibandingkan dengan pasien yang menggunakan plasebo.

Hal ini menjadi bukti jika manfaat kayu manis dapat meningkatkan siklus menstruasi dan mungkin menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk beberapa wanita dengan PCOS. Untuk mengonsumsinya kamu bisa menjadikannya sebagai minuman.

3. Kunyit

Kunyit

Kunyit – KlikDokter

Saat haid tidak lancar, biasanya wanita disarankan untuk meminum jamu dan khususnya kunyit sebelum maupun selama haid. Hal ini bukan tanpa alasan, karena kunyit mengandung emmenagogie sehingga mampu menstimulasi aliran darah pada rahim dan pelvus. Kunyit sama hal nya dengan jahe, berfungsi sebagai antipasmodik atau sebagai relaksan otot polos sehingga rahim makin luas dan menginduksi haid.

Minumlah secangkir air kunyit segar maupun hangat setiap pagi dengan kondisi perut kosong selama beberapa hari.

4. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Biasanya lidah buaya bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Efeknya yang menenangkan dan melembapkan membuatnya ampuh untuk menenangkan kulit iritasi, radang atau terbakar sinar matahari. Namun ternyata lidah buaya bisa dikonsumsi agar haid bisa lancar.

Kandungannya mampu mengatur atau meregulasi hormon sehingga mampu melancarkan haid. Untuk hasil terbaik, kamu bisa mencampur lidah buaya segar dengan satu sendok teh madu sebelum sarapan.

5. Buah Nanas

Buah Nanas

Nanas – Halodoc

Buah ini memiliki kandungan bromelain, yaitu senyawa enzim yang dipercaya dapat memengaruhi hormon di dalam tubuh, termasuk estrogen. Kandungan ini ampuh untuk membantu agar darah menstruasi cepat keluar dengan melawan haid tidak teratur akibat peradangan.

Penelitian yang dilakukan pada 2017 menunjukkan bahwa bromelain mampu mengurangi peradangan, salah satu penyebab jadwal haid yang terlambat. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut apakah nanas benar-benar bisa mempercepat haid.

6. Buah Sawo

Buah Sawo

sawo – Jovee

Buah sawo yang memiliki warna coklat dengan rasa yang enak dan manis. Kandungannya memiliki nutrisi vitamin seperti zat besi, protein, fospor, kerbohidrat, vitamin A, vitamin C, E, dan B1. Kandungan ini berfungsi untuk melancarkan haid. Kamu dapat mengonsumsi buah sawo saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa sakit akibat haid yang tidak lancar.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat menjadi bahan pelancar haid, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru