6 Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan yang Harus Diwaspadai!

Admin 0 Komentar

Junk food adalah makanan tidak sehat yang memiliki kandungan gizi rendah. Apa saja bahaya nya untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

Indiffs – Junk food adalah makanan tidak sehat yang memiliki kandungan gizi rendah. Dalam Journal of community Engagement in Health diterangkan bahwa junk food merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan kelompok makanan yang gizinya sedikit atau bahwa tidak ada.

Kelompok makanan ini seringkali dianggap sebagai tidak sehat. Meskipun banyak orang mengetahui bahwa makanan ini tidak memberikan manfaat bagi kesehatan, namun masih banyak orang yang menyukainya.

Alasan banyak orang menyukai makanan ini yaitu karena rasanya yang enak. Kandungan lemak, garam, gula dan bahan adiktif sintetik dalam makanan ini yang membuat rasanya menjadi lezat. Sayangnya jika dikonsumsi berlebih makanan ini justru memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan. Apa saja bahaya nya untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi

Bahaya Junk Food

Meningkatkan Tekanan Darah Tinggi – Kompas Health

Junk food bisa menyebabkan hipertensi karena makanan ini mengandung natrium atau garam yang tinggi. Sehingga biasanya rasa makanan cepat saji memiliki rasa asin. Jika dikonsumsi berlebih, bisa menyebabkan kenaikan darah tinggi dan memicu penyakit jantung.

2. Menyebabkan Diabetes

Menyebabkan Diabetes – SOYJOY

Penyakit diabetes juga bisa disebabkan oleh konsumsi junk food terlalu banyak. Hal tersebut dikarenakan makanan ini mengandung kalori yang tinggi, sedangkan serat dan vitamin-nya rendah. Makanan ini bisa menyebabkan kadar gula lain dengan cepat.

Kandungan lemak trans di makanan ini juga cukup banyak, sehingga bisa menyebabkan penumpukan lemak diperut. Hal ini dapat membuat insulin bekerja tidak optimal. Dengan demikian, gula dalam darah juga sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko diabetes.

3. Merusak Organ Hati

Bahaya Junk Food

Merusak Organ Hati – Kompas.com

Konsumsi makanan cepat saji selanjutnya yaitu bisa merusak organ hati. Konsumsi makanan rendah nutrisi yang berlebih bisa menyebabkan gangguan pada jaringan perut dalam hati. Hal tersebut membuat kerja organ hati tidak optimal.

4. Membuat Gigi Cepat Rusak

Membuat Gigi Cepat Rusak – klikDokter

Makanan cepat saji umumnya mengandung gula yang tinggi. Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan gigi cepat rusak. Sebab gula membuat pH mulut menjadi asam. Kandungan asam ini bisa memunculkan plak dan menyebabkan email gigi rusak.

5. Menyebabkan Jerawat

Bahaya Junk Food

Menyebabkan Jerawat – Harapan rakyat

Makanan tidak sehat seperti junk food bisa menyebabkan jerawat. Sebab dalam makanan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak yang cukup tinggi. Kedua senyawa tersebut biasanya menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah.

6. Menyebabkan Obesitas

Menyebabkan Obesitas – DokterSehat

Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori, gula dan garam yang tinggi. Sedangkan kandungan serat-nya sangat rendah. Hal tersebut yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan lebih cepat saat banyak menkonsumsi makanan ini. Obesitas jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan hingga menjadi penyebab masalah kesehatan mental.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru