6 Buah Untuk Mengatasi Sembelit, Dijamin Ampuh!

Admin 0 Komentar

Sembelit atau gangguan pencernaan yang muncul karena kurangnya serat dalam tubuh, maka konsumsilah 6 buah ini untuk mengatasi sembelit.

indiffsSembelit merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan. Sembelit merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam mengosongkan usus. Sederhananya, sulit buang air besar disebut sebagai sembelit. Seseorang yang mengalami sembelit, disarankan untuk mengonsumsi buah agar dapat mengatasi penyakit tersebut.

Berikut ini beberapa jenis buah yang baik untuk mengatasi sembelit:

1. Alpukat

Alpukat

Alpukat – Republika

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak yang baik di samping kacang-kacangan dan minyak zaitun. Untuk melancarkan sembelit, coba konsumsi alpukat. Kamu bisa memakan buahnya secara langsung maupun dalam sajian jus tanpa gula.

2. Apel

Buah Apel

Buah Apel – FaktualNews.co

Buah apel memiliki ukuran sedang yang mengandung 2,8 gram serat tidak larut air dan 1,2 gram serat larut air. Selain itu, sebagian serat pada buah pelancar BAB ini juga mengandung pektin. Bila sudah berada di usus, pekkti akan difermentasi secara cepat oleh bakteri dan menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Asam lemak ini nantinya akan menarik lebih banyak air ke usus, sehingga membantu melunakkan feses. Artinya, konsumsi apel setidaknya dapat membantu meringankan sembelit.

3. Buah Beri

Buah Beri

Buah Beri – KlikDokter

Sudah bukan rahasia umum lagi bila buah beri menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk sistem pencernaan. Bagaimana tidak, buah-buahan kecil yang hadir dalam variasi dan bentuk ini termasuk makanan kaya akan serat.

4. Lemon

Buah Lemon

Buah Lemon – Ayo Bandung

Konsumsi segelas air hangat dengan perasan jeruk lemon di pagi hari terbukti dapat meringankan sembelit. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat menstimulasi saluran pencernaan agar lebih lancar. Selain itu, lemon juga bisa membasuh sisa racun dalam tubuh.

Jika kamu kurang suka minum campuran air hangat dengan perasan lemon, kamu juga dapat menikmati khasiatnya dalam secangkir teh hangat dengan perasan lemon.

5. Pepaya

Buah Pepaya

Buah Pepaya – SehatQ

Di negara beriklim tropis, seperti Indonesia, buah pepaya cukup populer untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat, folat, vitamin A, C, dan E pada pepaya ternyata menjadi rahasia dibalik sebutan pelancar BAB ini.

6. Anggur

Buah Anggur

Buah Anggur – Sinergi Madura

Buah anggur ini memiliki komposisi kulit dan daging yang sebanding. Dengan komposisi tersebut, buah ini jadi kaya serat sekaligus mengandung banyak air. Untuk meringankan sembelit, coba makan beberapa genggam buah anggur yang sudah di cuci.

Nah, itulah beberapa buah-buahan yang dapat mengatasi sembelit. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru