6 Budaya Bali Yang Mendunia, Patut Untuk Dilestarikan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Berikut ini beberapa deretan budaya bali yang paling mendunia untuk kemu ketahui. Untuk tau selengkapnya simak berikut ini!

INDIFFS.COM – Pulau Bali dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Sebutan ini bukan tanpa alasan, karena keindahan lanskap alam, budaya dengan estetika tinggi yang ada di Bali ini memiliki budaya yang filosofis diciptakan oleh Sang Dewata menjadikan budaya yang mendunia.

Setiap sudut Pulau Bali atau Provinsi ini memiliki daya tarik yang memikat hati dengan adanya budaya serta tradisi yang diwariskan oleh leluhur, jika dilestarikan hingga saat ini tentu akan menjadi sebuah tradisi unik. Warisan atau peninggalan budaya masa lampau tersebut yang banyak berasal dari warisan Bali kuno.

Ada sejumlah tradisi unik yang disuguhkan menjadi sebuah atraksi dan suguhan bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Bali. Budaya serta tradisi unik ini masih bisa berkembang dan dilestarikan sampai sekarang ini sangat berkaitan dengan keyakinan masyarakat akan ritual atau pro sesi yang terbungkus dalam sebuah tradisi.

Budaya Bali Yang Mendunia

Tradisi unik yang digelar pada sejumlah tempat menjadi hal yang istimewa untuk dinikmati oleh wisatawan, apalagi mereka yang kebetulan liburan di Pulau Dewata, data menemukan sejumlah kebiasaan atau hal-hal tradisional pada zaman modern sekarang ini. Berikut ini beberapa deretan budaya nya yang mendunia, bisa menjadi pengalaman istimewa yang tidak dapat di temukan di daerah lainnya.

1. Tari Bali

Tari Bali

Tari

Tari Bali masuk dalam daftar warisan WHC UNESCO. Tari ini dimainkan oleh pria maupun wanita dengan mengenakan pakaian tradisional. Tarian tersebut terinspirasi oleh alam dan melambangkan tradisi, adat istiadat dan nilai-nilai kepercayaan masyarakat.

Sebagian hasil budaya, tari di Bali dengan kriteria 3 genre, yaitu bersifat sakral, semi sakral dan untuk dinikmati oleh masyarakat luas.

2. Subak

Subak

Subak

Sawah terasering ini salah satu implementasi dalam sistem pengairan subak, sistem ini berlandaskan semangat egaliter dan demokratis dalam praktik pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Sistem pengairan ini merupakan manifestasi dari filosofi Tri Hita Karana dalam menopang pengelolaan air pada sistem subak untuk mempertahankan hubungan harmonis antara alam, dunia spiritual, serangan ritual, persembahan dan pertunjukan dengan artistik yang estetis.

3. Tari Kecak

Tari Kecak

Tari Kecak

Tari yang satu ini merupakan tarian tradisional dan ini diciptakan oleh penari serta seniman yang bernama Wayan Limbak dan Walter Spies. Tari ini mencerminkan tentang Ramayana dalam kepercayaan hindu pada peristiwa Dewi Shinta yang di culik oleh Rahwana. Lewat tari ini sebagai simbol untuk pembebasan Shinta dari Rahwana.

4. Kain Tenun Endek

Tenun Endek

Tenun Endek – Nusabali

Budaya Bali memang lekat sekali dengan alam, tergambar dari motif pada kain tenun endek yang memiliki motif yang bersifat sakral, yaitu motif encak saji dan patra. Kata Endek sendiri dari tenun ini berasal dari kata ngendek atau gandekan yang berarti diam dan warna tidak berubah. Kata ini diambil dari proses pembuatan menggunakan benang yang diikat serta dicelup, sehingga warna benang tidak pernah berubah.

5. Tari Barong

Tari Barong

Tari Barong

Tari ini adalah tari yang tampil dengan sosok barong yang memiliki simbol kebajikan. Sebagai tarian yang menunjukkan perseteruan, di tari barong akan melawan sosok rangda yang merupakan simbol kejahatan. Tarian ini juga dapat dilakukan oleh dua pria.

Menurut pendapat, kata barong itu berasal dari Jawa Kuno dan memiliki kedudukan sebagai bintang mitos, per lukisan atau perwujudan dari bintang ajaib.

6. Seni Wayang Kulit

Wayang Kulit

Wayang Kulit

Anak zaman sekarang mungkin tak banyak yang tau tentang wayang kulit. Di Bali, wayang kulit sering tampil dalam upacara keagamaan maupun hiburan. Saat ini, wayang kulit populer di Bali adalah wayang cenk blonk. Wayang dengan dalang I Wayan Nardayana ini sering pentas dan video nya tersebar di media sosial. Selain itu, ada wayang joblar ABG, yang cocok untuk generasi millennials.

Demikianlah beberapa budaya Bali yang mendunia. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru