6 Cara Ampuh Untuk Menemukan Tujuan Hidup, Apa Saja?

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bagi seorang manusia, memiliki tujuan hidup adalah suatu hal yang penting. Berikut ini cara untuk menemukan tujuan hidup.

Indiffs – Bagi seorang manusia, memiliki tujuan hidup adalah suatu hal yang penting. Untuk bisa menemukan tujuan hidup, harus paham apa keinginan dalam hati dan pikiran. Tujuan hidup seseorang benar-benar dapat berubah sepanjang hidup sebagai tanggapan terhadap prioritas dan fluktuasi pengalaman diri sendiri.

Cara Menemukan Tujuan Hidup

Tujuan hidup manusia dapat memandu keputusan hidup, memengaruhi perilaku, membentuk tujuan, menawarkan arah, dan menciptakan makna. Bagi sebagian orang, tujuan hidup terhubung dengan panggilan atau pekerjaan yang bermakna dan memuaskan. Berikut ini cara untuk menemukan tujuan hidup yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Miliki Pola Pikir Berkembang

Pola pikir yang berkembang memiliki keterkaitan dengan menemukan tujuan hidup. Terus berkembang dan menjadi versi diri Anda yang lebih baik. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi tujuan sehingga Anda berkomitmen untuk mengejarnya. 

2. Miliki Rasa Syukur

Salah satu studi mengungkapkan bahwa rasa syukur mengaktifkan respons penghargaan yang sama di otak sebagai perilaku prososial. Menumbuhkan rasa syukur dapat membuat Anda lebih murah hati dan mengarah pada tindakan kebaikan, yang sekarang kita ketahui berkontribusi untuk menemukan tujuan.

Pada awalnya, mempraktikan rasa syukur akan terasa lebih canggung. Karena, kita begitu terbiasa dengan pikiran negatif kita sehingga mengubahnya menjadi pikiran positif bisa terasa tidak wajar. Untuk memulainya, cobalah menulis tiga hingga lima hal yang Anda rasa syukuri saat di pagi hari atau di malam hari sebelum Anda tidur.

3. Berkumpul dengan Orang Positif

Pikirkan tentang orang-orang yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu bersama di luar pekerjaan dan di luar acara keluarga. Jika, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang membuat perubahan positif, Anda dapat mengambil inspirasi dari mereka. Apabila orang-orang di sekitar Anda adalah individu negatif, mungkin itu akan terasa sulit untuk merasa bersemangat dan memiliki tujuan hidup.

4. Buat Pernyataan Visi Pribadi

Pernyataan visi pribadi dapat membantu Anda mengelola stres dan menemukan keseimbangan dalam hidup Anda. Ini juga berfungsi sebagai peta jalan yang akan memandu Anda menuju tujuan Anda dengan mengidentifikasi nilai-nilai inti Anda dan menetapkan apa yang penting bagi Anda.

Pernyataan tujuan memudahkan untuk membuat keputusan yang selaras dengan nilai-nilai dan membantu Anda tetap termotivasi saat bekerja menuju tujuan pribadi.

5. Membaca

Membaca dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang tidak akan pernah kita kenal hingga melintasi ruang dan waktu sebuah pengalaman. Menurut penelitian, membaca juga terkait dengan makna dan tujuan hidup. Dalam sebuah survei studi empiris , Raymond A. Mar dan rekan menemukan hubungan antara membaca puisi fiksi dan rasa tujuan di kalangan remaja.

“Membaca fiksi memungkinkan remaja untuk bernalar tentang seluruh kehidupan karakter, memberi mereka wawasan khusus tentang seluruh umur tanpa harus sepenuhnya menjalani sebagian besar hidup mereka sendiri,” saran mereka. Dengan melihat tujuan dalam kehidupan orang lain, remaja mungkin untuk melihatnya dalam kehidupan mereka sendiri. Dalam pengertian ini, tujuan adalah tindakan imajinasi.

6. Dengarkan Ketika Orang Lain Hargai Tentang Anda

Selain banyak membaca, Anda juga dapat menemukan tujuan hidup dari apa yang orang lain hargai terhadap diri seperti ucapan terimakasih orang lain kepada Anda. Para seniman, penulis, dan musisi, mereka sering menggambarkan bagaimana apresiasi dari orang lain memicu karya mereka. Sehingga mereka dapat menciptakan karya-karya yang baru.

Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung mengeksplorasi bagaimana ucapan terima kasih dapat memicu rasa memiliki tujuan, kita tahu bahwa rasa terima kasih dapat memperkuat hubungan dan itu sering kali menjadi sumber tujuan kita, seperti yang disarankan oleh banyak cerita ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru