6 Cara Efektif Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk, Mudah Loh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Banyak dari kita yang tidak tau cara merebus jengkol agar cepat empuk dan tidak berbau. Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini!

INDIFFS.COM – Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk merebus jengkol agar cepat empuk dan tidak berbau. Untuk membuatnya tidak bau saat dikonsumsi, perlu memerhatikan cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan.

Diperlukan pemilihan jengkol yang bagus hingga durasi merebus jengkol yang tepat untuk membuatnya empuk. Sejumlah tips yang busa kamu ikuti, mulai dari penebusan sampai bahan yang digunakan untuk membuatnya lebih enak dan empuk.

Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk

Pastikan sebelum mengolahnya, bersihkan dan keluarkan jengkol dari cangkang nya. Untuk mengetahui langkah apa saja, simak beberapa caranya berikut ini:

  1. Rendam dengan Air Beras. Cara pertama kamu dapat merendam nya dengan air beras. Setelah bersih. Setelah bersih, cuci jengkol dengan air mengalir, lalu rendam di ari cucian beras. Gunakan air beras pertama, lalu rendam semalaman. Setelah direndam semalaman, angkat dan tiriskan. Cara ini umumnya dilakukan untuk jengkol yang akan diolah menjadi goreng balado maupun lalapan.
  2. Gunakan Daun Jambu Biji. Cara ini bisa menghilangkan aroma khas pada jengkol. Daun jambu biji juga dapat membuat jengkol semakin empuk. Caranya hanya cukup merebus jengkol dan daun jambu biji sekitar 40 menitan.
  3. Gunakan Bubuk Kopi. Merebus jengkol dengan bubuk kopi bisa menjadi cara tepat dalam mengolah jengkol menjadi empuk. Rebus hingga satu jam bubuk kopi. Soal takaran bisa di sesuaikan berapa banyak jengkol yang direbus.
  4. Rebus Daun Salam. Daun ini secara efektif dapat menghilangkan rasa pahit pada jengkol dan mengurangi bau khas nya.
  5. Daun Jeruk. Selain daun salam, daun jeruk juga bisa digunakan pada air rebusan jengkol sebelum dimasak. Aromanya bisa menetralisir bau dan dan rasa pahit. Gunakan secukupnya menyesuaikan dengan banyak nya jengkol.
  6. Memasak jengkol tidak perlu waktu yang lama. Idealnya, waktu yang dibutuhkan untuk memasak jengkol hanya sekitar 20 sampai 30 menit saja. Gunakan api kecil untuk memasaknya. Cara ini dapat membuat jengkol tak bau dan pahit. Bahkan jengkol menjadi empuk.

Demikianlah cara yang dapat digunakan untuk mengolah jengkol agar cepat empuk dan tidak berbau. Semoga cara ini dapat membantu yaa!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru