6 Cara Efektif Untuk Meningkatkan IQ Seseorang Dengan Mudah

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat beberapa tips dan cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan IQ atau Intelligent quotient.

INDIFFS.COMIntelligent quotient atau IQ adalah ukuran untuk mengenai tingkat kemampuan kognitif seseorang. Istilah ini kerap digunakan untuk mengukur kecerdasan intelektual dan kemampuan seseorang dalam memahami gagasan. Hal ini umumnya diketahui melalui tes IQ yang masih sering dilakukan hingga saat ini. Nah, bagi kamu yang mendapat skor IQ yang rendah, jangan bersedih. Karena ada tips dan cara untuk meningkatkan IQ, simak di bawah ini, ya.

Cara Meningkatkan IQ

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan IQ di antaranya:

1. Sering Membaca

Membaca tidak hanya meningkatkan pengetahuan umum serta kosakata, tetapi juga dapat meningkatkan memori, pemikiran analitis dan keterampilan menulis. Bacalah beberapa halaman sehari untuk beberapa manfaat mental.

Membaca merupakan salah satu cara untuk meningkatkan IQ. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa ketika orang tua membacakan cerita dengan lantang kepada anak-anak mereka, anak tersebut memiliki keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif yang lebih besar.

2. Meningkatkan Aktivitas Memori

Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam studi penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana memori berhubungan dengan bahasa dan pengetahuan atau pemahaman seseorang tentang obyek fisik. Kegiatan ini bisa kamu lakukan dengan cara:

  • Memecahkan teka-teki gambar.
  • Menyelesaikan teka-teki silang.
  • Melakukan permainan kartu konsentrasi.
  • Bermain sudoku.

3. Mencukupi Waktu Tidur

Kamu biasanya disarankan untuk tidak begadang atau tidur lebih awal ketika hendak mengikuti tes IQ. Pasalnya, kurang tidur faktanya berpengaruh kemampuan kognitif. Dalam jangka pendek kondisi ini mampu membuatmu sulit untuk fokus. Ini di tandai dengan rasa kantuk dan kelelahan saat beraktivitas.

Sementara dalam jangka panjang, kurangnya waktu tidur juga meningkatkan risiko seseorang untuk mengidap gangguan kognitif, termasuk demensia dan penyakit Alzheimer. Oleh sebab itu, mencukupi waktu tidur bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan IQ mu. Pastikan kamu tidur 7-8 jam setiap hari agar otak berfungsi secara optimal.

4. Bersosialisasi

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu, berdiskusi atau saling bertukar pikiran bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan IQ. Menurut sebuah penelitian, bersosialisasi secara aktif dapat merangsang pikiran dan kemampuan berpikirmu.

Selain berinteraksi dengan teman atau orang yang sudah dikenal, kamu juga bisa bersosialisasi dengan ikut serta dalam komunitas baru atau menjadi sukarelawan sehingga bisa bertemu orang baru dan berbagi pengalaman serta wawasan.

5. Melatih Keterampilan Relasional

Pada sebuah studi, menunjukkan bahwa penerapan teori kerangka relasional bisa membantu meningkatkan skor IQ secara signifikan pada anak-anak. Hasil penelitian tersebut diperkuat dengan studi terbaru yang menemukan teori serupa bisa meningkatkan IQ sekaligus penalaran verbal dan penalaran numerik. Kegiatan melatih keterampilan relasional ini termasuk pembelajaran bahasa (ini adalah…dan itu adalah…) dan perbandingan objek (cangkir penuh versus cangkir kosong).

6. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, rutin berolahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan IQ dan fungsi otak. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga aliran darah di otak tetap lancar, sehingga sel saraf dan jaringan otak tetap sehat.

Untuk meningkatkan IQ atau memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, kamu dapat berolahraga miminal 3 kali dalam seminggu, selama 30 menit setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa rutin melakukan senam otak untuk mengasah kecerdasan dan melatih konsentrasi dan memori.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru