6 Cara Jitu Mengatasi Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Resa Azzahra 0 Komentar

Tak heran, banyak orang yang tersangkut ketika memakan ikan. Untuk itu kamu perlu mengetahui beberapa cara mengatasi duri ikan tersangkut.

INDIFFS.COM – Daging ikan termasuk makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun, tak sedikit orang ketika menyantapnya sering mengalami tersangkut. Untuk itu kita perlu hati-hati dan harus tau bagaimana cara mengatasi duri ikan agar tidak tersangkut.

Pasalnya, duri ikan yang tajam bisa saja luput dari perhatian. Sehingga tulang atau duri-duri tajam nya tersangkut di tenggorokan. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit karena luka yang ditimbulkan oleh duri ikan. Rasa ingin menelan pun menjadi sulit karena ada sesuatu yang mengganjal. Tentu ini akan terasa sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Tersangkut Duri Ikan

Meski sering terjadi, duri ikan yang tersangkut pada tenggorokan bisa menyebabkan masalah serius apabila tidak segera di tangani. Namun tidak perlu panik, ada beberapa cara pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan jika duri ikan tersangkut di tenggorokan.

1. Batuk dengan Paksa

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan duri di tenggorokan dengan cepat adalah batuk. Batuk dengan kencang dapat membantu mengelukan duri di dalam tenggorokan. Cara ini dapat mendorong duri ikan keluar dari tenggorokan ke dalam pencernaan, karena sebagian besar duri ikan tersangkut tepat di bagian belakang tenggorokan di sekitar amandel.

2. Makan Pisang

Pisang mampu mengatasi tersangkut duri ikan. Dengan memakannya, pisang akan mendorong duri ikan ke dalam perut. Ambil satu gigitan besar pisang dan tahan di mulut setidaknya selama se menit. Setelah cukup lembap akibat tercampur dengan air liur, telan pisang tersebut secara perlahan, atau telan dalam satu tegukkan besar.

3. Air Soda

Beberapa pakar kesehatan telah lama menggunakan minuman bersoda untuk mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan. Ketika soda memasuki perut, ia melepaskan gas. Nah, gas inilah yang membantu menghancurkan tulang dan membangun tekanan yang dapat melepaskan makanan yang tersangkut.

4. Menggunakan Cuka

Minum cuka dapat membantu memecah tulang ikan, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah ditelan. Cobalah encerkan 2 sendok makan cuka dalam secangkir air, atau minum 1 sendok makan langsung. Cuka sari apel adalah pilihan yang baik yang rasanya tidak terlalu asam, terutama dengan madu.

5. Minum Minyak Zaitun

Minyak zaitun sendiri adalah pelumas alami yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan duri dari tenggorokan dengan cepat. Cobalah minum 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun secara langsung. Minyak tersebut akan bekerja dengan melapis tenggorokan dan duri ikan itu sendiri, sehingga akan membuatmu lebih mudah untuk mengeluarkannya.

6. Makan Roti Porsi Besar

Memakan roti dengan kaca, air maupun nasi adalah cara klasik untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut di tenggorokan. Untuk menggunakan roti dengan air kamu hanya perlu merendam sepotong roti selama satu menit, lalu ambil satu gigitan besar dan telan utuh.

Roti yang dilapisi selai kacang berfungsi untuk mendorong tulang ikan ke dalam perut. Ambil lah satu gigitan besar roti dan selai kacang dan biarkan mengumpul di mulut sebelum menelannya dalam satu tegukan besar. Pastikan untuk minum air banyak setelahnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru