6 Cara Jitu Mengatasi Mobil Lecet di Rumah Dengan Mudah!

Resa Azzahra 0 Komentar

Mobil lecet karena sesuatu masalah besar bagi sang pemilik. Takusah panik, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi mobil lecet loh!

INDIFFS.COM – Mobil lecet adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada kendaraan ber roda empat ini. Sebagian besar pemilik mobil pasti panik bila mendapati mobil yang tergores. Sehingga apapun upaya dilakukan untuk mengatasi mobil nya yang lecet.

Baret atau lecet memang dapat terjadi karena banyak faktor, seperti kecelakaan, terserempet, dan lainnya. Tentu saja, goresan bisa membuat tampilan mobil menjadi tidak begitu bagus. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara untuk mengatasinya. Karena ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyamarkan atau menghilangkan goresan.

Cara Mengatasi Mobil Lecet

Ketika mobil menjadi lecet, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki mobil penyok atau lecet yang dapat kamu coba:

1. Gunakan Air

Sebelum menggunakan barang apapun, kamu perlu memeriksa kondisi goresan pada mobil, karena terkadang goresan tersebut hanya tonjolan atau debu yang menempel dan mengeras. Nah, untuk mengetahui seberapa parah goresan itu, kamu dapat melihat kedalamnya. Jika sampai terlihat warna perak khas besi atau logam maka goresan tersebut akan sulit jika diperbaiki dirumah.

Jika tidak seperti itu, kamu bisa menghilangkan nya dengan air saja menggunakan kanebo basah.

2. Gunakan Obat Nyamuk

Selain dapat mengusir nyamuk, ternyata bahan ini dapat dipakai untuk menghilangkan goresan pada mobil! Walaupun terdengar sangat tak mungkin, tapi tak salah nya juga untuk mencoba saat keadaan darurat. Karena sifatnya cukup keras, caranya dengan mengoleskan obat nyamuk ke bagian yang lecet, lalu biarkan selama 10-20 detik. Jika sudah, gunakan air untuk membasahi daerah yang lecet dan segera keringkan.

3. Oleskan Pasta Gigi

Pasta gigi biasanya hanya dapat digunakan untuk membersihkan gigi serta meredakan sakit luka pada tubuh. Selain dapat berguna untuk tubuh, pasta gigi ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi mobil lecet. Terkesan tak mungkin, tapi kamu bisa mencobanya.

Sebelum menggunakan pasta gigi, pastikan mobil dalam keadaan bersih, dan siapkan kain lembut yang dibasahi dengan air. Setelah itu tuangkan pasta gigi secukupnya. Gosok bagian yang lecet hingga merata dengan gerakan melingkar hingga merata.

4. Pakai Minyak Rem

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi mobil lecet dengan menggunakan minyak rem, sebagai pendukung gunakan kenebo kering. Caranya adalah dengan menuangkan minyak rem secukupnya ke kanebo. Jangan terlalu berlebihan, sebaiknya berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang kamu dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Karena minyak rem sangat berisiko jika langsung menuangkan ke bagian mobil yang sudah baret, maka alangkah baiknya kamu menggunakan kanebo. Setelah selesai melakukan pemolesan, mobil dapat dibersihkan dengan air serta di lap menggunakan kanebo yang kering.

Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja kamu perlu berhati-hati karena sifat minyak rem yang sangat keras. Jika terjadi kesalahan sangat disayangkan dan dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Kompon

Bahan yang satu ini adalah krim yang dapat menghilangkan goresan pada mobil, karena terbuat dari bahan kimia yang ampuh untuk mengatasi baret ringan. Kamu dapat menggunakan kompon berwarna putih dan lalukan dengan membersihkan bagian yang tergores dengan air untuk menghilangkan berbagai kotoran yang menempel dan keringkan.

Jika sudah poles bagian yang tergores tersebut menggunakan kompon poles agar tidak cepat mengering, oleskan dengan cepat. Setelah bagian lecet sudah bersih, bilas menggunakan air lalu keringkan.

6. Cat Kembali Body Mobil

Mengecat ulang merupakan salah satu cara menghilangkan baret mobil yang dalam. Sebenarnya pengecatan mobil dapat dilakukan di bengkel, akan tetapi tidak jarang juga yang mampu mengecat mobilnya sendiri. Ketika akan melakukannya dengan sendiri, kamu perlu berhati-hati karena hal ini bukan sesuatu yang mudah. Baik di cat di bengkel, maupun melakukannya sendiri, proses pengecatan harus dilakukan secara akurat.

Tidak semua jenis mobil akan menjadi lebih baik tampilan nya jika akan dicat ulang. Sebelum melakukannya, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apakah mobil-mu akan layak untuk di cat ulang, sebab biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecatan ulang cukup mahal.

Cara yang perlu dilakukan ketika mengecat ulang, bukan langsung di cat begitu saja. Sebelum melakukannya, kamu perlu mengamplas bagian mobil yang baret. Cat mobil yang digunakan bukan keseluruhannya berbahan dasar cat, melainkan kamu perlu mencampurinya terlebih dahulu dengan tiner.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara memperbaiki body mobil akibat lecet dengan mudah. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru