6 Cara Menenangkan Bayi Menangis Dengan Tepat Dan Efektif

Wiwin Indriani 0 Komentar

Jika si kecil sedang rewel, berikut ada beberapa cara menenangkan bayi menangis dengan tepat dan efektif yang bisa Anda lakukan.

INDIFFS.COM – Bayi menangis dapat dipicu oleh berbagai alasan, seperti mengantuk, lapar, ruam, tidak nyaman dan lain sebagainya. Namun sebenarnya, menangis adalah cara bayi berkomunikasi dengan orang tuanya. Untuk itu, perlu Anda ketahui cara yang tepat menenangkan bayi menangis.

Cara Menenangkan Bayi Menangis

Saat bayi menangis tentu membuat para orangtua cemas. Terlebih lagi jika si kecil tak kunjung tenang setelah mencoba beberapa cara. Nah, berikut ini ada beberapa cara menenangkan bayi dengan tepat dan efektif yang bisa Anda lakukan.

1. Bedong Bayi

Bedong dapat meniru sensasi rahim sehingga akan membuat bayi lebih tenang ketika ia dibalut erat dalam bedong. Anda dapat memakai selimut besar dan tipis untuk membuat bayi merasa nyaman.

Jangan membedongnya terlalu kuat dan ketat karena hanya akan membuatnya merasa sesak. Cara ini ampuh untuk mengatasi bayi rewel akibat dingin, karena akan mendapatkan sensasi hangat seperti dipeluk.

2. Menyusui Bayi

Menyusui bisa dilakukan sebagai cara menenangkan bayi menangis. Terkadang, bayi menangis karena mereka lapar. Untuk itu, pemberian ASI mampu membuat mereka kenyang dan berhenti menangis. Namun, hindari menyusuinya secara berlebihan, karena bisa membuatnya merasa tidak nyaman serta perut terlalu kenyang.

3. Menidurkan Bayi di Ruangan yang Tenang

Ketika bayi menangis histeris, cobalah untuk menidurkannya di ruangan yang gelap dan tenang tanpa gangguan dari lingkungan sekitar. Beberapa bayi menyukai ruangan dengan suara menenangkan, seperti suara kipas angin dan jam yang berdetak.

Anda juga bisa menyalakan soft music untuk menenangkan bayi yang rewel. Tak ada salahnya juga untuk bersenandung dan berbicara dengan lembut kepada bayi. Suara dan kehadiran Anda mungkin dapat membantu menenangkan bayi yang menangis.

4. Menggendong Bayi dengan Posisi Terlungkup

Di dalam rahim, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi meringkuk. Oleh karena itu, menggendong bayi di bahu dengan posisi telungkup bisa membuat ia merasa lebih nyaman. Namun, menggendong bayi dan memposisikan tubuhnya dalam posisi tersebut hanya boleh dilakukan saat Si Kecil terus-menerus menangis. Saat ia dalam kondisi tenang, selalu posisikan tubuhnya dalam posisi telentang.

5. Miringkan Tubuh Bayi

Salah satu cara menenangkan bayi yang paling mudah dilakukan adalah dengan memposisikan bayi berbaring miring ke samping. Posisi tubuh ini menyerupai posisi bayi ketika ia masih berada di dalam rahim. Oleh karena itu, saat Si Kecil menangis, Anda bisa coba memiringkan posisinya agar ia merasa lebih tenang dan nyaman. Namun, Anda tidak boleh meninggalkannya dalam posisi tersebut sendirian, apalagi bila Si Kecil sampai tertidur. Ketika tangisnya mulai mereda dan ia terlihat seakan mulai terlelap, baringkan ia kembali ke posisi telentang.

6. Usap Punggung Si Kecil Dengan Lembut

Memijat dan mengusap tubuh bayi dengan lembut merupakan cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi kerewelannya. Mengusap punggung bayi dapat merangsang otak dan saraf bayi. Hal ini bisa membuatnya menjadi lebih nyaman dan tenang.

Pijatan bayi juga baik untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan. Lakukan pijatan dengan lembut. Manfaatkan minyak telon yang aman bagi kulit bayi untuk memberikan sensasi hangat dan membuat tidurnya menjadi lebih tenang.

Itulah cara untuk menenangkan bayi menangis dengan tepat dan efektif yang dapat Anda coba praktikan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru