6 Cara Mengatasi Alergi Dingin Efektif Dan Jitu, Yuk Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ketahui cara ampuh mengatasi alergi dingin secara efektif dan mudah berikut ini. Jika gejala tak kunjung membaik, langsung temui dokter ya

Indiffs – Memiliki alergi terhadap suhu dingin sering kali menjadi biang keladi terhambat nya aktivitas. Tanda yang sering muncul yaitu bersin-bersin, pilek sampai gatal-gatal pada kulit. Maka banyak orang yang mencari cara mengatasi alergi dingin agar aktivitas tak terhambat.

Alergi dingin ini biasanya terjadi pada remaja yang beranjak dewasa. Reaksi alergi akan hilang dengan sendirinya, tetapi juga dapat diatasi dengan obat antiakergi yang memang dirasa sangat menganggu. 

Alergi dingin terjadi pada saat kulit terpapar air dingin dari udara. Suhu dingin membuat tubuh melepaskan histamin, yaitu zat kimia yang menimbulkan reaksi alergi. Gejala utama alergi dingin adalah biduran.

Biduran adalah bentol-bentol kemerahan di kulit yang terasa gatal. Ukuran bentol bisa beragam, mulai dari selebar kacang hijau hingga selebar buah anggur.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Alergi merupakan masalah kesehatan yang sifatnya hilang dan timbul. Faktanya, butuh waktu yang tidak sebentar untuk dapat benar-benar sembuh dari masalah ini. Jika kamu kesal dengan adanya alergi dingin, kamu bisa lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi alergi dingin tersebut.

1. Hindari Minuman Dingin

Minuman dingin yang mengandung es dapat memicu ruam dan bentol pada kulit yang sensitif, untuk itu kamu harus menjaga tubuh dan hindari minuman yang terlalu dingin. Karena hal ini sangat berbahaya jika alergi dingin menyebabkan pembengkakan pada jalur nafas dan tenggorokan yang menyebabkan kesulitan bernafas dan kemungkinan tersedak.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat

Sama hal nya seperti poin di atas bahwa seseorang yang sedang terkena alergi dingin tidak boleh minum dingin. Hal ini pun berarti tidak memperbolehkan kamu untuk mandi dengan air dingin. Gunakan air hangat untuk mandi sehingga mencegah biduran datang kembali.

3. Hindari Berenang Dikolam Dingin

Berenang di air dingin merupakan salah satu penyebab paling umum yang memicu alergi dingin. Reaksi tubuh terhadap dingin ini bisa menyebabkan pelepasan histamin besar-besaran dari sel kulit. Kondisi ini bisa menyebabkan turunnya tekanan darah, pusing, kehilangan kesadaran dan bahkan tenggelam saat berada di dalam air.

Gejala urtikaria dingin bisanya muncul antara 5 sampai 30 menit setelah terpapar suhu dingin dan gejala itu akan berlangsung selama 48 jam kemudian.

4. Gunakan Pakaian Tebal

Jaga selalu badan agar tetap normal, dan sebaiknya gunakan selalu jaket hangat agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami alergi. Kamu juga harus memastikan bahan yang dipakai tidak memicu alergi kulit lebih parah lagi. Begitu kembali ke rumah, segera pakai selimut supaya tubuh kamu tetap hangat.

5. Gunakan Lotion Anti Alergi

Kamu dapat mengoleskan bedak atau lotion khusus. Biasanya kedua barang ini memiliki kandungan anti histamin atau calamine. Gunanya adalah guna meringankan bentol-bentol pada kulit. Pakailah bedan atau lotion tersebut pada bagian kulit yang teriritasi.

6. Meminum Obat Antihistamin

Dengan mengonsumsi obat antihistamin mampu meredakan biduran atau bentol saat terkena alergi dingin. Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi dingin. Dokter biasanya akan meresepkan antihistamin untuk membantu meredakan biduran saat alergi dingin kambuh.

Dan itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan, namun jika alergi menjadi lebih parah dan tak kunjung membaik, sebaiknya periksa kan kepada dokter ahli terlebih dahulu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru