6 Cara Mengatasi Anak Penakut Supaya Menjadi Pemberani

Admin 0 Komentar

Terdapat beragam faktor pemicu anak menjadi penakut. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips agar si kecil menjadi anak pemberani!

INDIFFS.COM – Setiap anak tentu memiliki pertumbuhan emosi yang berbeda. Ada anak yang pemberani, dan anak yang cenderung penakut. Bagi Anda yang memiliki anak penakut, simak beberapa tips dibawah ini supaya ia menjadi anak pemberani.

Tips Agar Anak Tidak Penakut

Perlu diketahui, bahwa ada beragam faktor pemicu anak menjadi penakut, seperti terbiasa ditakut-takuti, pernah mengalami trauma, meniru orangtuanya sendiri hingga ada perasaan dirinya tidak aman dan nyaman terhadap lingkungan. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips agar si kecil tidak jadi anak penakut:

1. Tidak Menganggap Remeh Rasa Takut Anak

Orang dewasa saja tidak suka diremehkan, maka jangan sekali pun menganggap remeh rasa takut yang dimiliki anak-anak. Tunjukkan bahwa sebagai orangtua, Anda bisa memahaminya sepenuhnya, termasuk hal-hal yang ia takuti. Tempatkan diri di posisinya, peluk, dan tenangkan dia, katakan bahwa semuanya akan baik-baik saja.

2. Ajak Anak Berbicara

Tips mengatasi agar anak tidak penakut yang berikutnya adalah mengajaknya berbicara tentang ketakutannya. Misalnya dengan mengajaknya berbicara apa yang ia alami beberapa hari ini. Anak mungkin tidak langsung berbicara jujur, jadi Anda harus sabar dalam bertanya kepadanya.

3. Membuat Anak Merasa Nyaman

Rasa takut yang dialami anak di usia ini akan mendatangkan rasa cemas yang berlebihan. Kecemasan yang muncul dalam diri anak dan bersifat emosional ini hanya bisa diatasi dengan selalu membuat anak merasa nyaman. Hal ini tentunya tidak mudah. Kewajiban orangtualah untuk memberikan rasa nyaman pada anak, sehingga anak memiliki ketakutan untuk mengatasi rasa takutnya.

Rasa takut ini akan hilang apabila anak memiliki rasa cinta, keinginan untuk berkorban dan menyenangkan hati orang lain. Rasa cinta dalam diri anak akan membuatnya merasa nyaman dan tenteram.

Selanjutnya akan tumbuh keinginan untuk berkorban dan selalu ingin menyenangkan hati orang lain, terutama orang-orang yang ia cintai. Jika anak berhasil mengatasi rasa takut dengan kekuatan cinta yang dimilikinya, ia tidak akan merasa takut pada siapapun. Ia akan merasa nyaman berhadapan dengan apapun itu.

4. Ajarkan Kemampuan Sosial

Alasan anak menjadi penakut dan tidak mandiri adalah karena ia tidak mengetahui cara berinteraksi dengan orang lain. Anak membutuhkan waktu dan latihan untuk bisa berinteraksi dengan orang asing selain keluarganya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus mengajarkan anak dasar-dasar kemampuan sosial agar ia menjadi lebih berani. Anda bisa mengajak ia ke toko dan perintahkan ia untuk membayar dengan barang belanjaan di kasir. Selain itu, Anda juga bisa mengajak ia bermain dengan anak teman Anda yang memiliki usia yang sama.

5. Selalu Berikan Apresiasi Atas Sikap Keberaniannya

Sebuah pujian yang diterima oleh semua orang tenru akan membuat dirinya semakin berharga. Usaha anak dalam melakukan yang terbaik seperti menjadi sosok pemberani perlu sekali diapresiasi.

Anda harus mengetahui bahwa sebuah pujian akan menumbuhkan tersendiri bagi semua orang yang menerimanya. Jadi berusahalah untuk selalu mengapresiasi setiap anak melakukan keberanian.

6. Ajak Anak Melakukan Petualangan Baru

Anak-anak tentu memiliki rasa penasaran setiap kali diajak untuk melakukan sebuah petualangan baru. Terlebih lagi ada rasa kesenangan tersendiri untuk melakukan eksplorasi karena akan menciptakan pengalaman baru.

Mengajak anak melakukan petualangan bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi anak penakut. Tak hanya menjadi aktivitas yang seru saja, namun juga menantang. Anda bisa melakukan cara ini bila sudah melihat jika anak memiliki keinginan untuk berubah.

Nah itulah tips agar anak yang penakut agar menjadi pemberani, yuk terapkan pada anak. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru