6 Cara Mengatasi Baby Blues Untuk Ibu Pasca Melahirkan, Kenali!

Admin 0 Komentar

Penyebab baby blues bisa terjadi karena perubahan hormon dan cara mengatasi nya ibu dapat melakukan beberapa cara. Simak sebagai berikut!

INDIFFS.COM – Baby blues merupakan kondisi mental seorang ibu setelah melahirkan. Kondisi ini umum terjadi pasca kelahiran dan biasanya berlangsung hingga 2 minggu setelahnya atau lebih lama lagi. Tidak diketahui pasti, apa yang menjadi penyebab dari baby blues tapi kita perlu mengetahui cara dalam mengatasi nya.

Menurut ilmu psikolog, baby blues akan membaik dengan seiring berjalannya waktu. Keluhan yang dialami akan berlangsung sembuh tanpa bantuan ahli. Namun, ada beberapa yang perlu kita lakukan agar membantu baby blues pada ibu menyusui.

Cara Mengatasi Baby Blues

Sebagai usaha dalam mengatasinya, beberapa cara atau tips ini bisa kita gunakan:

1. Tidur Cukup

Tidur yang cukup dapat membuat tubuh lebih membaik dan menghilangkan gejala penyebab baby blues. Selain itu, ibu juga perlu membantasi jumlah kafein yang ibu konsumsi, matikan ponsel sebelum tidur. Jika si kecil terbangun malam hari karena mengompol dan ibu masih butuh tidur untuk memulihkan tenaga, jangan ragu untuk meminta bantuan pasangan ibu dalam menjaganya sejenak.

2. Jangan Membebani Diri

Jangan paksakan seorang ibu pasca melahirkan untuk mengerjakan segalanya sendiri. Kerjakan apa yang sanggup untuk dikerjakan, jika kewalahan dalam mengurus sesuatu, baik dalam menjaga si kecil atau pekerjaan, jangan ragu untuk meminta bantuan orang terdekat.

3. Makanan Berkualitas

Makanan dapat membantu mengontrol mood mu. Hindari makanan yang tinggi karbohidrat, seperti sirup, kue kering kemasan dan roti putih. Makanan ini diduga dapat memperparah mood swing. Sebaiknya makanlah makanan berkualitas, seperti sayuran atau buah-buahan yang dianjurkan bagi ibu pasca melahirkan atau menyusui.

4. Rutin Olahraga

Dalam membantu mengatasi baby blues, ibu bisa melakukannya lewat olahraga secara rutin. Olahraga tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, namun akan membuat ibu mengalihkan perhatian dan kekhawatiran yang dirasakan  serta meningkatkan mood maupun kualitas tidur yang selama ini kurang.

5. Jangan Sungkan Bercerita

Pengidap baby blues sebaiknya bersosialisasi dengan ibu baru lainnya agar dapat bertukar cerita mengenai perasaan yang dialami. Jika ini rasanya berat, ibu juga dapat bercerita pada suami. Jangan memendam sendiri yang akan membuat ibu depresi cenderung memperparah baby blues.

6. Refreshing

Keluar dari rumah untuk refreshing atau sekedar menghirup udara segar juga menjadi cara mengatasi baby blues pada ibu melahirkan. Jika belum kuat untuk pergi ke taman atau lapangan di dekat rumah, cukup berjalan di area halaman rumah atau duduk di teras rumah sambil menyesap teh hangat. Ibu juga dapat minum teh sambil menjemur bayi di pagi hari atau menikmati keteduhan di sore hari.

Demikianlah beberapa cara mengatasi baby blues. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru