6 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca, Mudah dan Ampuh!

Resa Azzahra 0 Komentar

Memiliki masalah SIM? Ikuti beberapa cara mengatasi kartu SIM Card tidak terbaca secara tiba-tiba berikut ini! Simak terus artikelnya ya

INDIFFS.COM – Mengatasi kartu SIM Card tidak terbaca faktanya perlu untuk kita ketahui. Sebab, masalah ini bisa saja terjadi secara tiba-tiba, baik pada SIM lama maupun baru. Ada beberapa penyebab kartu SIM Card tak dapat masuk ke HP. Salah satu masalah nya bisa saja karena lapisan kuningan dalam kartu SIM tergores atau bahkan rusak.

Namun dari kebanyakan penyebab kenapa SIM card tidak terbaca, setidaknya ada tiga masalah yang perlu kamu amati terlebih dahulu. Apa sajakah itu?

  1. Sudah memasuki masa tenggang atau terlalu lama menggunakannya. Sebab mulai dari 3-5 tahun material plastik dan kuningan SIM Card akan mengalami degradasi, sehingga menjadi kurang layak untuk digunakan. Jika dibiarkan, hal ini akan semakin parah dan akhirnya SIM tidak dapat dibaca oleh ponsel.
  2. Kuningan SIM adalah komponen penting dalam sebuah SIM karena berisikan data-data pengguna. Kuningan ini bisa saja rusak karena sering dipindahkan ke Handphone lain sehingga akan lebih banyak mengalami gesekan.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca

Masalah SIM tak terbaca ini pasalnya bukan hanya tak bisa akses ke jaringan internet saja, data kontak yang tersimpan pun kemungkinan besar akan hilang. Nggak usah panik! Soalnya masih ada beberapa trik yang bisa kamu coba berikut ini:

1. Restart HP

Hal pertama yang dapat kamu lakukan yakni dengan restart ponsel. Dengan cara ini bisanya masalah kartu SIM yang tidak terbaca dapat teratasi dengan memuat ulang ponsel. Karena bisa saja terdapat service sistem Android yang tidak dijalankan, sehingga menyebabkan masalah fitur jaringan atau konektivitas. 

Dengan memuat ulang ponsel diharapkan dapat kembali normal serta kartu SIM yang tidak terbaca akan kembali terbaca. 

2. Cek Penempatan Kartu SIM

Coba cek penempatan kartu SIM apakah sudah pas atau belum. Karena bisa jadi ponsel yang sulit mendeteksi kartu disebabkan oleh penempatan yang kurang tepat. Jika sudah menepatkan SIM dengan baik, coba muat ulang ponsel tersebut untuk me-refresh komponennya. 

3. Coba Gunakan Di Slot Berbeda

Jika di slot pertama kartu masih tetap tidak terbaca. Coba gunakan slot kedua untuk mengetahui masalah SIM tersebut. cara ini bisa dilakukan jika menggunakan hp dengan fitur kartu SIM ganda (Dual SIM). 

4. Pastikan Masa Berlaku SIM

Terkadang kita tidak menyadari jika SIM sudah melewati masa berlakunya. Jika tidak aktif, maka wajar bila kartu SIM tidak terbaca. Caranya bisa dengan menghubungi costumer service provider SIM dan tanyakan sesuai nomor HP di kartu SIM tersebut.

5. Coba Kartu SIM Lain

Cara kelima yakni dengan memasang kartu SIM lain di HP atau slot bermasalah. Apabila dengan memasang kartu tersebut tidak juga terdeteksi, kemungkinan masalah ada pada hp. Tetapi jika kartu SIM tersebut dapat terdeteksi, maka bermasalah dengan kartu SIM tersebut.

6. Atur Ulang Jaringan

Jika slot SIM ke 2 tidak terdeteksi tapi ke 1 berfungsi dengan baik, bisa jadi masalah datang dari operator selular yang sedang error sehingga SIM card tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengatur jaringannya secara manual melalui menu Setting.

Beberapa cara tersebut bisa kamu gunakan untuk keadaan darurat ketika Smartphonemu tidak dapat mendeteksi SIM card. Semoga artikel ini membantu dan bermanfaat untuk kita semua. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru