6 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Naik Mobil, Wajib Tau!

Resa Azzahra 0 Komentar

Saat di perjalanan, tak sedikit orang mengalami mabuk atau muntah. Untuk cara mengatasi mabuk perjalanan. Simak beberapa hal berikut ini!

INDIFFS.COM – Mabuk perjalanan adalah salah satu masalah yang tidak bisa dianggap sepele, karena cukup mengganggu. Terutama saat seseorang akan melakukan perjalanan jauh, seperti mudik atau perjalanan dinas. Untuk kamu yang sering mabuk, kamu perlu mengetahui cara mengatasi mabuk perjalanan agar dapat berjalan dengan lancar.

Biasanya mabuk perjalanan ditandai dengan rasa gelisah, lemas, rasa pusing, keringat dingin hingga merasakan mual dan muntah. Jika pada anak, biasanya tanda ini disertai dengan rewel dan menangis terus menerus.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah mabuk di perjalanan. Penasaran apa saja? Yuk, simak informasinya di sini!

1. Minum Obat Anti Mabok

Setiap orang pasti mengenal kondisi tubuhnya sendiri, dan jika kamu merasa sering mengalami mabuk perjalanan maka cara mengatasinya ialah dengan meminum obat anti mabuk. Dengan cara ini, selama perjalananmu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk di sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, siapkan obat anti mabuk untuk berjaga-jaga selama di perjalanan.

2. Istirahat Sejenak

Cara mengatasi mabuk perjalanan ketika sudah merasakan mual dan pusing, maka memejamkan mata dan istirahat sejenak menjadi cara terbaik untuk menguranginya. Pastikan juga posisi kepala berada di posisi stabil agar tidak membuat kamu semakin pusing.

Di samping itu, kamu juga bisa mematikan AC mobil sejenak dan membuka jendela. Biarkan sinar matahari dan angin sepoi-sepoi masuk ke dalam kendaraan. Jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan jika sudah benar-benar merasa sesak.

3. Jangan Makan Terlalu Kenyang

Sebelum melakukan perjalanan, terutama perjalanan jauh, jangan makan terlalu kenyang dan hindari makanan berat. Jika kamu merasa lapar, sebaiknya konsumsi makanan ringan atau dengan mengambil lebih sedikit dari porsi makan sebelum perjalanan.

Karena jika perut diisi dengan penuh makanan, di tambah dengan goncangan selama perjalanan, akan meningkatkan risiko mabuk kendaraan. Terlebih jika jarak waktu antara makan dan perjalanan tidak terlalu jauh. Maka, usahakan makan secukupnya dan sewajarnya sebelum akan memulai perjalanan.

4. Kunyah Permen

Mengunyah permen selama perjalanan dipercaya dapat membantu untuk mengurangi rasa mual. Hal ini dikarenakan permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan. Saat melakukan perjalanan, kamu bisa memilih permen dengan rasa mint ataupun buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Cara ini dipercaya cukup ampuh untuk mengatasinya.

5. Hindari Main Gadget Terlalu Lama

Kebanyakan orang mengira bahwa bermain gadget selama perjalanan bisa membuat waktu terasa lebih singkat. Padahal, dengan bermain gadget terlalu lama selama perjalanan bisa membuat kamu merasa pusing dan mual. Maka dari itu, cobalah untuk tidak sering memainkan nya. Istirahat bisa menjadi pilihan terbaik agar tubuh lebih rileks akibat perjalanan panjang yang sudah di tempuh.

6. Menghirup Minyak Angin

Aromaterapi atau minyak angin dapat membantu mengurangi rasa mual serta rasa tak nyaman yang disebabkan mabuk perjalanan. Aroma bisa kamu peroleh dari minyak esensial, seperti lavender, lemon, minyak kayu putih, dan rempah-rempah, seperti kapulaga dan adas. Pilih aroma-aroma yang kamu sukai.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi mabuk perjalanan saat naik mobil. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru