6 Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami, Tanpa Obat!

Admin 0 Komentar

Gejala mata kering ini sering dialami oleh banyak orang. Untuk itu sebaiknya atasi dengan cara mengatasi mata kering berikut ini!

INDIFFS.COM – Mata kering atau yang disebut juga dengan sindrom mata kering adalah kondisi ketika mata tidak dapat menghasilkan air mata, seperti seharusnya, atau saat air mata tidak bekerja dengan baik untuk melumasi mata. Untuk itu perlu mengetahui cara mengatasi mata kering dengan baik dan benar.

Mata kering jika tidak segera diatasi dapat mengganggu fungsi indra penglihatan. Untuk itu, sebaiknya cepat atasi dengan cara mengobati mata kering yang bisa kamu coba. Karena mata kering merupakan keluhan yang cukup sering dialami, apalagi di era teknologi sekarang ini.

Faktanya, mata kering yang jika dibiarkan terjadi berkelanjutan bisa menyebabkan indra penglihatanmu terasa gatal dan mudah lelah. Jika kondisi ini tidak segera diobati juga, kornea mata akan berisiko terluka. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala berupa mata merah, terasa terbakar, buram, nyeri, dan pandangan silau.

Cara Mengatasi Mata Kering

Sebagai cara mengobati nya kamu bisa mencoba beberapa cara ini agar mata tetap sehat dan terjauh dari sindrom mata kering.

1. Sering Berkedip

Ketika sedang terlalu fokus pada sesuatu yang sedang dilakukan, kebanyakan orang terkadang lupa untuk berkedip. Padahal, hal ini bisa meningkatkan risiko sindrom mata kering. Agar tidak mengalaminya, pastikan untuk mengistirahatkan mata sejenak. Upayakan untuk berkedip secara sadar, hal ini akan membantu untuk menjaga kelembapan permukaan bola mata.

2. Jauhi Mata Dari Asap

Tidak cuman karena asap rokok, mata kering juga bisa menjadi akibat dari paparan polusi udara. Untuk itu, sebaiknya ketikan akan keluar rumah gunakan kacamata agar terjauh dari area yang dipenuhi asap. Hal ini dapat membantu untuk menjaga mata tetap sehat.

3. Selalu Jaga Kelembapan Ruangan

Berada di ruangan dengan kelembapan udara yang rendah bisa meningkatkan risiko mata kering. Apalagi, jika ruangan tersebut terpapar cahaya matahari secara langsung. Oleh karena itu, pilihlah lingkungan bekerja dengan kelembapan udara yang cukup baik agar mata kering dapat dihindari.

4. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega-3

Tingkatkan konsumsi makanan yang tinggi omega 3, seperti seafood, kacang-kacangan, sayur, produk susu, dan telur. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah seimbang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Kompres Menggunakan Air Hangat

Kompres air hangat dapat digunakan sekitar 3 kali dalam sehari dengan durasi 3 menit. Cara ini akan membantu mengatasi mata kering. Kamu dapat memakai kapas yang direndam dalam air hangat, kemudian peras. Dengan posisi mata tertutup, tempelkan kapas yang masih hangat ke bagian mata yang menjadi keluhan.

6. Air Mata Buatan

Cara paling umum untuk mengobati mata kering adalah dengan obat berupa air mata buatan. Air mata buatan biasanya akan diberikan dalam bentuk obat tetes, salep, hingga gel. Obat dalam bentuk tetes bisa digunakan sampai 4 kali dalam sehari, sesuai anjuran dokter.

Sementara itu, obat yang berbentuk salep atau gel disarankan untuk dipakai saat malam hari saja. Ini karena tekstur nya lebih kental dan dapat mengaburkan penglihatan. Obat air mata buatan ini bekerja dengan cara meningkatkan cairan pelumas pada mata, serta mengurangi penguapan air mata. Dengan demikian, mata tidak akan mudah mengering.

Dan demikian artikel yang bisa kami sampaikan, semoga membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru