6 Cara Mengeluarkan Dahak Membandel, Tenggorokan Jadi Plong!

Resa Azzahra 0 Komentar

Rasa tak nyaman yang diakibatkan oleh adanya dahak membandel di tenggorokan memang sangat menganggu. Berikut cara mengeluarkan dahak alami

Indiffs – Ketika sedang sakit, semua orang pasti pernah menggalami namanya dahak yang tersumbat dalam saluran pernapasan. Kondisi ini yang disertai dengan batuk berdahak yang sakit. Sehingga banyak orang yang mencari cara mengeluarkan dahak yang membandel dalam tenggorokan.

Sebenarnya dahak selalu ada pada saat seseorang sakit maupun tak sakit. Biasanya seseorang yang sakit dahaknya akan menjadi lebih kental. Hal ini disebabkan oleh benda asing yang dijerat oleh dahak. Dahak yang terasa seperti mengumpul di tenggorokan dapat membuat seseorang menjadi tak nyaman. Untuk mengatasinya coba deh simak ulasan berikut ini.

Cara Mengeluarkan Dahak Membandel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah mengeluarkan dahak di tenggorokan. Berikut beberapa cara efektif yang bisa dicoba:

1. Berkumur Dengan Air Garam

Garam adalah salah satu bahan dapur yang sangat efektif dalam mengurangi iritasi serta membunuh kuman di saluran tenggorokan. Untuk membuatnya, kamu cukup mencampurkan setengah gelas air hangat (sekitar 125 mililiter) dengan tiga per empat sendok teh garam. Berkumurlah selama 30 hingga 60 detik sambil mendongak agar air garam tersebut dapat mencapai tenggorokan.

2. Gunakan Minyak Kayu Putih

Kamu juga bisa menggunakan minyak esensial kayu putih yang dapat mengeluarkan dahak dan lendir di dada. Cara mengeluarkan dahak satu ini juga dapat di manfaat untuk meredakan batuk dan pilek sekaligus.

3. Menghirup Uap Angat

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan dahak adalah dengan menghirup uap hangat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan alat pelembap ruangan atau humidifier, mandi air hangat, atau bernapas menggunakan handuk yang telah diperas setelah dicelupkan ke dalam air hangat.

4. Pakai Minyak Eucaliyptus

Minyak eucaliyptus dapat digunakan untuk mengeluarkan dahak secara efektif. Kamu dapat menggunakan obat oles  yang mengandung minyak eucaliyptus dan caranya, kamu hanya perlu balurkan obat oles tersebut ke dada.

5. Campurkan Jahe dan Lemon

Dengan mengonsumsi campuran jahe dan lemon mampu mengatasi dahak, batuk serta pilek. Kamu bisa meminumnya secara rutin. Olahan ini sangat efektif untuk menghangatkan tumbuh kamu serta memperlancar atau mengusir dahak yang membandel.

6. Campurkan Madu dan Lemon

Kandungan madu yang diketahui memiliki sifat antiradang dan antibajteri yang bermanfaat untuk mengusir dahak. Untuk mengusir dahak, Anda hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dan 1–2 sendok teh madu dalam air hangat. Campuran madu dan lemon ini memiliki efek yang sama dengan obat batuk.

Dan itulah 6 cara alami yang dapat menghilangkan dahak yang membandel dalam tenggorokan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru