6 Cara Menghilangkan Keloid, Medis Dan Alami

Azzahra 0 Komentar

Beberapa cara medis serta bahan alami dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan keloid dengan mudah yang bisa Anda coba

Indiffs – Keloid adalah bekas luka yang menonjol. Bekas luka yang menonjol ini dapat memengaruhi penampilan, apalagi jika ia muncul di area kulit yang tidak bisa tertutupi oleh pakaian. Maka dari itu banyak orang yang menghawatirkan gejala keloid, sehingga mencari tau cara untuk menghilangkan keloid.

Keloid ini memang tak menular ataupun bersifat kanker. Walaupun tak berbahaya, gejala ini berupa rasa gatal yang dirasakan seperti hal nya terbakar. Keloid akan menjadi iritasi jika bergesekan dengan pakaian.

Cara Menghilangkan Keloid Medis

Jika Anda merasa tidak nyaman atau keberadaan keloid dirasa mulai mengganggu, ada beberapa cara menghilangkan keloid yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Operasi

Untuk menghindari hal tersebut, biasanya dokter akan memotong dan mengambil luka keloid melalui prosedur operasi. Metode ini tidak mungkin dapat memunculkan luka keloid lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindar ukuran keloid yang bisa lebih besar dibandingkan luka sebelumnya.

2. Suntik Kortikosteroid

Suntikan ini dapat membantu untuk mengecilkan bekas luka serta memberikan suntukan sekali setiap empat minggu. Pasalnya, suntikan pertama yang digunakan dapat meredakan gejala dan membuat keloid terasa lebih lembut. Anda akan melihat perubahannya yang semakin menyusut.

Namun, keloid dapat tumbuh dalam 5 tahun. Oleh karena itu dokter sering menyuntukan kombinasi suntikan ini dengan perawatan lain.

3. Perawatan Laser

Laser bisa dijadikan pilihan dalam mengatasi masalah ketebalan keloid serta memudar kan warnanya. Laser yang dikombinasikan dengan perawatan laun dapat membantu untuk mencegah keloid tumbuh kembali.

4. Gel Silikon

Teknik berikutnya adalah menggunakan lembaran atau gel silikon. Gel atau lembaran ini selanjutnya akan ditempelkan pada area kulit yang terdapat keloid. Selanjutnya, gel bisa dioleskan setelah luka sembuh. Meski begitu, hasil metode ini tidak sama untuk setiap orang. Selain itu, implementasinya juga memakan waktu yang cukup lama.

5. Ligatur

Perawatan ligatur dilakukan dengan cara mengikat benang bedah di sekitar keloid. Benang bedah yang diikat ini akan memotong keloid secara bertahap. Dokter kulit mungkin perlu mengikat benang bedah baru di sekitar keloid setiap dua hingga tiga minggu sampai keloid benar-benar terlepas.

6. Perawatan Radiasi

Cara ini dilakukan pada kasus yang ekstrem. Pasalnya, orang yang menjalani terapi radiasi sangat berisiko mengalami komplikasi kulit hingga dapat menjadi pemicu terjadinya kanker kulit.

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Bahan Alami

Selain cara medis diatas, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami di bawah in:

1. Bawang Merah

Dalam penggunaan ekstrak bawang merah dapat menghentikan fibroblas atau sel yang menghasilkan jaringan perut yang memasuki kulit. Dan gel ektrak bawang merah dapat mempercepat dalam penyembuhan serta mengurangi keloid. Pasalnya bawang merah mempunyai kandungan quercetinnya, flavonol dan antioksidan.

Caranya, Anda hanya perlu memotong bawang merah menjadi kecil. Lalu peras potongannya menggunakan kain bersih untuk mendapatkan sari-sarinya. Oleskan air perasa tersebut pada keloid dan diamkan hingga mengering. Bilas dengan air sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pakai 4 kali per hari.

2. Baking Soda

Soda kue yang dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan menenang kan kulit yang teririitasi serta mengurangi pembengkakan. Caranya, sampurkan 1 sendok teh soda kue dan 3 sendik teh hidrogen peroksida, lalu buat seperti pasta dan oleskan pada keloid menggunakan kapas dan biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air dan keringankan dengan handuk bersih. Gunakan sebanyak 2 kali sehari.

3. Bawang Putih

Kandungan bawang Putih bisa mencegah masuknya beberapa jenis enzim masuk ke area luka. Artinya, penumpukan jaringan kulit yang membentuk keloid bisa dihindari.

Caranya, hancurkan dua hingga tiga butir bawang putih. Setelah itu, aplikasikan pada keloid lalu diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air lalu oleskan pelembab kulit yang biasa Anda pakai. Hentikan pemakaian bahan alami tersebut jika kulit Anda terasa terbakar atau mengalami iritasi.

4. Cuka Apel

Cuka apel dapat dijadikan sebagai salah satu bahan alami dalam mengatasi keloid. Kandungan astrigen kimiawi dapat membantu meminimalkan kemerahan dan ukuran bekas luka. Caranya. Encerkan cuka sari apel dengan jumlah air yang memiliki perbandingan yang sama. Kemudian oleskan dan biarkan selama 30 menit, bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini dua kali sehari selama 5 minggu.

5. Gel Lidah Buaya

Kandungan lidah buaya seperti antiseptik dan antibakteri yang membantu penyembuhan keloid. Dengan mengaplikasikan gel lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit dan pembengkakan untuk penyembuhan luka.

Caranya, ambil gel lidah buaya, lalu bersihkan keloid, jika sudah oleskan gelnya. Biarkan selama 30 menit sebelum di bilas. Gunakan ini sebanyak 2x sehari.

6. Air Perasan Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan berfungsi sebagai antioksidan yang sangat baik dalam penyembuhan cepat bekas luka keloid. Dalam beberapa minggu aplikasi, kamu akan melihat perubahan pada fleksibilitas, tekstur, dan warna kulit.

Caranya, Peras lemon, ambil airnya. Oleskan air perasan lemon langsung ke area yang mengalami keloid. Biarkan selama 30 menit hingga air meresap. Cuci area tersebut dengan air hangat. Ulangi perawatan ini dua kali sehari.

Nah, itulah cara menghilangkan keloid yang bisa kamu coba dengan cara medis serta alami.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru