6 Cara Menghilangkan Milia Secara Alami & Jitu, Harus Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Milia sering kali memicu rasa tidak nyaman akibat gatal yang ditimbulkan. Nah, ada beragam cara menghilangkan milia yang dapat dicoba disini

Indiffs – Sulit mencari cara menghilangkan milia di wajah? Meski bukan bagian dari jerawat, milia cukup mengganggu di kulit wajah kita. Mereka biasanya timbul berkelompok di area hidung, pipi, dan dagu, meskipun mungkin juga muncul di tempat lain.

Walaupun milia lebih sering muncul pada kulit wajah bayi yang baru lahir, tapi orang dewasa juga bisa memilikinya. Sebenarnya, milia bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Dan sebagian orang merasa kemunculan milia di wajah dapat mengganggu penampilan sehingga berbagai cara menghilangkan milia pun dilakukan agar benjolan tersebut dapat segera hilang.

Cara Menghilangkan Milia

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, kemunculan milia sering dianggap mengganggu lantaran kulit wajah jadi tampak tidak mulus. Kemunculan milia pada anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai lanjut usia, kemunculan milia dapat disebabkan oleh pengaruh kerusakan jaringan kulit. Seperti penggunaan krim steroid jangka panjang, luka melepuh, luka bakar, efek dermabrasi dan pelapisan laser kulit, tanda penuaan, terkena paparan racun, dan banyak lagi.

Untuk mengatasi milia pada orang dewasa bisa diatasi dengan beberapa cara ini:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Yang harus kamu lakukan adalah dengan mencuci wajah menggunakan sabun yang ringan, bebas SLS, dan bebas paraben setiap hari. Dan sebaiknya gunakan sabun ringan yang akan menghilangkan minyak yang dibutuhkan wajah agar tetap seimbang dan sehat.

Setelah mencuci, tepuk-tepuk kulit agar kering. Ini akan membantu mencegah kulit kita lecet atau mengering.

2. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah yang mengandung bahan-bahan untuk mencerahkan juga dapat membantu menghilangkan milia di wajah. Pilihkan masker wajah yang aman dan membantu mengatasi milia. Jika bisa, pilih masker yang memiliki asam salisilat atau asam glikolat.

Jika memiliki wajah sensitif terhadap kandungan pada masker, jangan gunakan untuk menghilangkan milia pada wajah, Ini bisa memperburuk milia.

3. Selalu Memakai Sunscreen

Menggunakan sunscreen secara rutin terbukti dapat mengurangi iritasi kulit yang menyebabkan milia. Pilihlah sunscreen yang dirancang khusus untuk digunakan pada wajah dalam menghilangkan milia. Pastikan SPF 30 atau lebih tinggi.

Jika kulit sangat sensitif terhadap sinar matahari, pertimbangkan untuk menggunakan produk dengan SPF 100. Bacalah bahan-bahan tabir surya dengan cermat untuk memastikan tidak mengandung apa pun yang membuat kulit alergi atau sensitif.

4. Gunakan Krim Mata

Milia yang terjadi ketika kondisi kulit atau infeksi (seperti herpes) menyebabkan lepuh, yang sebenarnya merusak lapisan pori. Untuk itu, krim mata dipercaya dapat menghilangkan milia primer yang biasanya timbul di sekitar mata atau alis.

5. Gunakan Kandungan Air Mawar

Penggunaan face mist yang mengandung air mawar dan masker madu ini dipercaya bisa menghilangkan milia. Hal ini karena air mawar dan madu manuka bersifat antiradang, sehingga penggunaannya mampu mencegah iritasi yang disebabkan milia.

6. Gunakan Retinol Topikal

Retinoid topikal merupakan krim kulit yang mengandung vitamin A tinggi untuk membantu pengelupasan sehingga milia dapat pudar dan kulit mengalami regenerasi.

Dan itulah 6 cara yang bisa kamu gunakan dalam upaya pencegahan dan menghilangkan milia yang terjadi di wajah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru