6 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami, Jangan Disepelekan!

Hani Hnsa 0 Komentar

Ambeien merupakan penyakit masalah pencernaan yang umum dan sering terjadi. Lantas, bagaimana cara mengobati ambeien? Yuk, cari tau!

INDIFFS.COM – Ambeien adalah salah satu penyakit masalah pencernaan yang umum dan sering terjadi. Ambeien adalah sebuah kondisi ketika terjadi pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Ambeien biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi ambeien tetap bisa mengganggu aktivitas sehari-hari yang kita jalani. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara mengobati ambeien secara alami.

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab ambeien. Terlalu lama duduk di toilet, diare kronis, obesitas, kehamilan, kurangnya asupan serat, dan terlalu sering mengangkat beban berat adalah beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab ambeien.

Cara Mengobati Ambeien

Biasanya, gejala ambeien akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun, biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat setelahnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengobati ambeien atau wasir yang dapat mengurangi gejala nya:

  • Kenakan Pakaian Katun

Cara mengatasi ambeien yang kedelapan dengan mengenakan pakaian katun yang longgar. Mengganti pakaian ketat yang terbuat dari poliester dengan yang berbahan katun yang dapat menyerap keringat (terutama pakaian dalam katun) dengan baik dapat membantu menjaga area anus tetap bersih dan kering.

Mengenakan pakaian berbahan katun dan longgar juga dapat berpotensi mengurangi gejala ambeien menjadi lebih buruk. Hindari penggunaan detergen atau pelembut pakaian yang mengandung pewangi untuk mengurangi iritasi lebih lanjut.

  • Salep

Cara mengobati ambeien yaitu dengan menggunakan salep-salep khusus yang dijual bebas. Salep dan krim yang dijual bebas dapat ditemukan di hampir setiap toko obat dan dapat segera meredakan rasa sakit akibat ambeien.

Beberapa jenis salep bahkan dapat mengurangi pembengkakan dan membantu ambeien sembuh lebih cepat. Namun, jika kamu menggunakan krim yang mengandung hidrokortison, jangan menggunakannya lebih dari seminggu.

  • Akar Kangkung

Kangkung adalah salah satu jenis sayuran yang sering diolah dan dihidangkan meja makan. Sayuran ini memang terkenal kaya akan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Zat-zat tersebut memberikan berbagai manfaat untuk tubuh kita.

Kamu juga bisa menggunakan kangkung untuk menyembuhkan ambeien. Untuk mengatasi ambeien menggunakan kangkung, kamu membutuhkan akar dan batangnya, bukan daun nya. Cara menyembuhkan ambeien mengunakan akar dan batang kangkung adalah dengan mencuci nya terlebih dahulu sampai bersih lalu merebus nya dengan 2 gelas air. Setelah itu, minumlah air rebusan batang dan akar kangkung. Lakukan ini secara rutin setiap hari supaya efektif.

  • Tisu Lembut

Cara mengatasi ambeien yang kelima dengan menggunakan tisu lembut yang mengandung bahan menenangkan. Menggunakan kertas toilet biasa setelah buang air besar dapat memperburuk ambeien yang ada.

Sementara, tisu khusus yang lebih lembut dapat membantu kamu tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut. Sebagai tambahan, kamu dapat menemukan tisu dengan bahan anti ambeien yang menenangkan, seperti witch hazel atau lidah buaya. Pastikan tisu yang kamu pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya. Karena, zat-zat ini bisa memperburuk gejala alih-alih menghilangkan nya.

  • Bunga Pagoda

Cara menyembuhkan ambeien yang berikutnya ialah dengan menggunakan bunga pagoda. Bunga yang memiliki rasa yang sedikit manis ini bisa digunakan untuk mengatasi ambeien dengan kandungan saponindan polifenol, alkaloid, dan flavonoida. Ketiga kandungan yang terdapat pada bunga pagoda memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu tubuh untuk melawan dan meredakan peradangan.

Cara menyembuhkan ambeien menggunakan bunga pagoda ialah dengan memetik bunga pagoda kemudian merebus nya dengan air secukupnya hingga mendidih dan matang. Setelah itu, minumlah air rebusan pagoda tersebut untuk membantu mu mengatasi ambeien.

  • Kompres Dingin

Cara mengobati ambeien yang selanjutnya yaitu dengan melakukan kompres dingin. Oleskan kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit setiap kalinya.

Untuk ambeien yang besar dan menyakitkan, kompres dingin ini bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif. Selalu bungkus es di dalam kain atau handuk keras dan jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru