6 Cara Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anak Secara Efektif

Admin 0 Komentar

Setiap orang tua pastinya ingin melihat anak tetap sehat dan aktif setiap harinya. Untuk itu, berikut cara meningkatkan sistem imun anak!

INDIFFS.COM – Kita semua pastinya memiliki sistem kekebalan yang membantu untuk melindungi kita dari penyakit. Pada anak, sistem kekebalan yang akan melayani mereka sepanjang hidup mereka masih berkembang. Untuk semua orang tau, pastinya perlu untuk mengetahui cara meningkatkan sistem imun sang buat hati.

Kita semua tentunya ingin melindungi anak-anak kita dari jatuh, terbentur dan memar atau infeksi dan penyakit yang dapat dihindari. Untuk membantu anak menghindari penyakit, penting sekali untuk mendorong kebiasaan baik dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan sistem kekebalan mereka sejak usia dini.

Cara Meningkatkan Sistem Imun Anak

Konon, beberapa kebiasaan sehat dapat berfungsi sebagai penguat kekebalan untuk anak-anak, dan membantu sistem kekebalan mereka lebih efektif melawan patogen, hal ini dapat membantu mereka untuk pulih lebih cepat. Beberapa strategi termasuk makan lebih banyak sayuran, cukup tidur, dan mencuci tangan secara teratur. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan anak kita:

1. Sajikan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Cara meningkatkan sistem imun yang pertama yaitu, sajikan lebih banyak buah dan sayuran. Saat bakteri datang, ambil buah dan sayuran berwarna, seperti wortel, kacang hijau, jeruk dan stroberi. Makanan cerah yang mengandung karotenoid yang merupakan fitonutrien yang meningkatkan kekebalan tubuh sang anak. Kandungan Fitonutrien ini juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi dan interferon, antibodi yang melapisi permukaan sel dan menghalangi virus. Untuk itu, cobalah untuk membuat anak makan 5 porsi buah dam sayur perhari untuk menjaga sistem imun nya.

2. Tidur Berkualitas

Tidur adalah kunci untuk sistem kekebalan yang kuat baik di masa kanak-kanak dan sepanjang hidup. Gunakan panduan ini untuk jumlah jam yang dibutuhkan anak-anak pada setiap tahap perkembangan:

  • Balita usia 1 – 2 membutuhkan 11 – 14 jam
  • Anak-anak 3 – 5 tahun membutuhkan 10 – 13 jam
  • Anak-anak 6 – 12 membutuhkan 9 – 12 jam
  • Remaja 13 – 18 membutuhkan 8 – 10 jam 7

Jika kita memiliki anak yang lebih besar dan lebih kecil, waktu tidur yang terhuyung mungkin diperlukan.

3. Ajarkan Kebersihan yang Baik

Salah satu alasan utama anak-anak lebih sering batuk dan pilek adalah karena mereka bermain berdekatan dengan anak-anak lain dan mereka belum menguasai kebersihan. Kuman dapat menyebar dengan mudah, jadi ajari anak Anda untuk menangkap bersin dengan tisu dan menutup mulutnya saat batuk. Ajari anak pentingnya mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet.

Tindakan ini akan membunuh serangga dan kuman dan meminimalkan peluang mereka untuk menyebar. Karena jika seseorang di rumah kita jatuh sakit, kita perlu memastikan mendisinfeksi permukaan lebih dari biasanya dan bahwa kita mencuci handuk dan tempat tidur pada suhu 65°C.

4. Menjaga Kesehatan Mental Anak

Beberapa tahun terakhir telah sulit bagi kita semua, tetapi mudah untuk melupakan bagaimana hal itu mungkin berdampak pada anak-anak kita. Kesehatan mental anak juga perlu diperhatikan.

Ini juga dapat membuat mereka tetap bugar dan lebih terlindungi dari virus apa pun, karena stres kronis telah terbukti berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh.

  • Tidur nyenyak
  • Latihan
  • Melihat teman
  • Bersenang senang
  • Mendapatkan di luar ruangan, dan
  • Memiliki rutinitas

Semuanya dapat membantu menjaga tingkat stres tetap rendah. Beberapa anak juga dapat mengambil manfaat dari latihan mindfulness atau membuat jurnal.

5. Minimalkan Gula

Musim panas, anak-anak dan gula tampaknya menjadi kombinasi yang tak terhindarkan, antara pesta, BBQ dan perkemahan musim panas. Namun, gula telah terbukti mengubah mikrobioma dalam beberapa cara yang cukup ekstrem, memberi makan bakteri pecinta gula yang lebih patogen, yang dapat menyingkirkan bakteri yang menguntungkan dan meningkatkan kekebalan.

Berikan dorongan mikrobioma anak dengan mengirim mereka ke sekolah dengan buah, bukan kue dan permen, atau setidaknya permen yang dibuat dengan pemanis alami seperti stevia (agar mereka tidak merasa ketinggalan kesenangan). Di rumah, makanlah buah yang kaya vitamin C dan antioksidan untuk pencuci mulut, seperti jeruk dan blueberry.

6. Sajikan Lebih Banyak Makanan Kaya Probiotik

Salah satu cara yang bagus untuk melakukannya adalah dengan menyajikan lebih banyak makanan kaya probiotik untuk seluruh keluarga. Mulai musim panas, tawarkan makanan fermentasi seperti asinan kubis atau kefir (yang hadir dalam banyak rasa yang disukai anak), atau yogurt nabati (tanpa pemanis) yang dicampur dengan buah segar yang dicincang atau dihaluskan. Jika orang tua memiliki pemilih makanan ekstra, kita bisa mencoba permen karet probiotik ramah anak, untuk dosis bakteri baik penambah kekebalan yang tidak menyakitkan. Beberapa merek memang mengandung gula, jadi tetap gunakan sumber probiotik makanan utuh sebanyak mungkin.

Dan itulah 6 cara meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem tubuh anak kita agar ter-jauh dari penyakit dan infeksi berbahaya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru