6 Dampak Pergaulan Bebas Pada Remaja Yang Harus Diwaspadai

Resa Azzahra 0 Komentar

Dampak dari pergaulan bebas ini sangat memprihatinkan bagi remaja dan hal yang ditakutkan oleh orang tua saat anak beranjak remaja

Indiffs – Pergaulan bebas menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh para orang tua ketika anak sudah beranjak remaja. Dampak dari pergaulan bebas ini sangat memprihatinkan bagi remaja itu sendiri maupun keluarganya.

Pasalnya, pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang tak sesuai dengan norma dan ajaran agama. Dan pergaulan bebas ini dapat mempengaruhi kepribadian seseorang yang mengarah pada hal negatif. Oleh karena itu, pergaulan bebas haru segera di hindari karena dapat membahayakan kesehatan, keselamatan dan masa depan seseorang.

Dampak Pergaulan Bebas

Sebagai tindakan menyimpang dan melanggar norma serta ajaran agama, pergaulan bebas punya banyak dampak buruk. Berikut dampak pergaulan bebas:

1. Merusak Hubungan dengan Keluarga

Dampak ini lebih besar dari pergaulan bebas remaja. Orang tua yang merasa malu karena anaknya salah pergaulan bisa saja tidak mau mengakui dan tak peduli apa yang akan terjadi padanya. Jika ada kesadaran serta pengetahuan sebagai orang tua terhadap dampak pergulan negatif ini sebenarnya sangat membantu untuk mecegah hal itu terjadi.

Orang tua bisa memasukan anak ke sekolah asrama agar lebih mudah untuk diawasi dan sedikit nya terhidar dari pergaulan yang salah. Namun, sebaiknya jangan paksa anak, karena anak bisa saja kabur dan memberontak.

2. Prestasi Menurun

Dengan pergaulan bebas, anak bisa menjadi malas untuk belajar dan lebih senang bermain dengan pergaulannya yang salah. Anak yang terjerumus pergaulan bebas biasanya akan lebih sering membolos sekolah, seperti di warnet atau nongkrong dengan orang-orang dewasa dan melakukan hal yang menyimpang.

3. Seks Bebas

Seks bebas adalah cara seseorang dalam melepaskan dorongan seksual yang berasal dari belum matangnya organ seksual seperti akibat dari berpacaran, bercumbu, hingga melakukan kontak seksual. Jika dilakukan oleh remaja, maka menjadi salah satu penyalahan norma yang tidak sesuai dengan lingkungan.

Melakukan seks bebas tentunya akan membuat banyak bahaya mengitai, antara lain, tertular penyakit kelamin, HIV/AIDS, kehamilan yang tidak direncanakan, dan kanker serviks.

4. Gangguan Kesehatan

Pergaulan bebas biasanya cenderung sering mengonsumsi obat-obatan, minum-minuman keras dan merokok yang dapat merusak kesehatan. Dengan mengonsumsi hal itu, ramaka akan menjadi kecanduan untuk mengonsumsi miras dan enggan untuk melakukan sesuatu termasuk makan hingga fisik akan menjadi lemah. Lambatnya dalam berfikir serta terjadi gangguan pada mental sang anak.

5. Kriminalitas

Adanya kesenjagan sosial dapat memicu terjadinya kriminalitas di usia remaja dengan cara mencuri uang. Anak akan melakukan apapun hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cara yang salah. Mereka bisa saja mencopet dan memalak orang-orang disekitarnya maupun di sekolahnya,

6. Sering Tauran

Pasalnya, anak yang bebas akan pergaulan mereka akan sulit untuk berfikir jernih, yang mereka pikirkan hanyalah emosi dan balas dendam. Cenderung banyak anak yang sudan terjerat pergaulan bebas, mereka akan membalas apa yang menurut mereka pantas untuk dibalas, hingga akhirnya terjadilah tauran serta pengeroyokan.

Dan itulah 6 dampak pergaulan bebas yang wajib orang tua ketahui agar anak terjauh dan terhindari dari hal-hal yang tak diinginkan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru