6 Dampak Positif Internet Bagi Pengguna yang Wajib Diketahui!

Hannii 0 Komentar

Tak dapat dipungkiri, dampak positif internet bagi pengguna nya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Lantas, apa saja dampak nya? Yuk, cari tau

INDIFFS.COM – Tak dapat dipungkiri, segala aktivitas manusia kini semakin mudah lantaran adanya Internet of Things. Dalam arti lain, dampak positif internet bagi pengguna nya sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Mulai dari memperoleh informasi hingga berkenalan dengan orang baru dari penjuru dunia bisa dilakukan berkat internet.

Sayangnya, fungsi-fungsi tersebut juga dibarengi oleh dampak negatif internet itu sendiri karena pemakaian yang kurang bijak. Tapi jangan khawatir, selagi kamu memanfaatkan internet dengan hati-hati, maka dampak positif penggunaan internet berikut bisa kamu peroleh.

Dampak Positif Internet

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan manusia bergantung pada produk teknologi yang satu ini. Hampir segala aspek kehidupan, tidak dapat terlepas dari keberadaan internet.

Seiring dengan perkembangan nya, terdapat dampak negatif maupun positif yang bisa dirasakan. Melansir dari berbagai sumber, berikut dampak positif dari penggunaan internet:

1. Mudah dalam Komunikasi

Internet mampu menyambung kan satu daerah ke daerah lain, meskipun jaraknya sangat jauh. Ini adalah keuntungan yang di dapat dari internet. Melalui internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang yang berbeda kota, pulau bahkan negara.

Berbagai fasilitas internet, seperti email, SMS, chatting dan masih banyak lagi dapat menghubungkan kita dengan orang-orang yang jaraknya jauh dengan kita hanya dengan menggunakan internet.

 2. Memudahkan dalam Mencari Informasi

Informasi yang diperlukan kini dapat diperoleh dalam beberapa detik saja melalui Internet. Hanya dengan mengetik kan kata kunci pada mesin pencarian, kita dapat memperoleh informasi secara waktu nyata (Realtime).

3. Mudah Mencari Informasi

Hampir semua informasi dapat dicari melalui internet. Ini akan memudahkan pekerja dalam bekerja dan siswa dalam belajar. Informasi yang dikemas di internet juga beragam, mulai dari tulisan, foto, sampai video. Semua bisa dicari dan digunakan sesuai kepentingan masing-masing.

4. Wadah untuk Menambah Pengetahuan

Dengan berbagai informasi yang ada didalam internet, kamu bisa menjadi lebih tahu segala hal karena bertambahnya pengetahuan dan informasi. Semua bidang di seluruh dunia bisa kamu temui di internet beserta perkembangannya. Khusus yang pelajar dan mahasiswa, penggunaan internet mempermudah pekerjaan rumahmu.

Pelajar juga bisa melihat dan mempelajari video pembelajaran yang menunjang pelajaran kamu. Banyak video edukasi yang tersebar di internet, khusus nya YouTube, kamu hanya perlu mendownload video tersebut dan mempelajari nya dengan baik saja.

5. Menjadi Media untuk Komunikasi

Internet juga bisa digunakan alat komunikasi di era teknologi seperti sekarang. Kamu bisa berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang ada di penjuru dunia.  Dengan begitu, segala informasi yang kamu butuhkan bisa didapat dengan mudah, cepat dan tidak membingungkan karena dari orang yang bersangkutan langsung.

Contoh penggunaan internet untuk media komunikasi adalah dengan banyaknya media atau aplikasi sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Line, BBM dan sebagainya. Ini tentu saja mempermudah komunikasi mu dengan semua orang dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.

6. Media Berkarya

Jangkauan internet yang meng-global menjadikan nya media yang efektif bagi siapapun yang ingin berekspresi. Seseorang bisa menunjukkan hasil karya nya melalui unggahan di media sosial maupun platform internet lainnya.

Misalnya, bagi orang yang gemar menulis, kini ia bisa menuangkan ide nya melalui blog. Atau seseorang yang memiliki minat di bidang fotografi, ia dapat mengunggah hasil fotonya di media sosial.

Dengan memanfaatkan internet, peluang untuk diapresiasi semakin besar. Hal ini karena hasil karya yang dibuat dapat diakses oleh siapapun melalui internet.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru