6 Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat dalam Islam, Yuk Amalkan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Doa memohon ilmu yang bermanfaat ini penting diketahui setiap muslim agar senantiasa mendapatkan keberkahan ilmu-ilmu yang di pelajarinya.

INDIFFS.COMMenuntut ilmu merupakan kewajiban setiap umat manusia yang ada di muka Bumi ini, termasuk umat Muslim. Begitu pula saat mencari ilmu, Muslim dianjurkan untuk membaca doa serta memohon agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Terlebih dengan doa, kita berharap agar ilmu yang diperoleh merupakan ilmu yang diberkahi oleh-Nya. Serta, penggunaan ilmu-ilmu tersebut dapat mendatangkan kemaslahatan baik bagi diri sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar.

Doa Memohon Ilmu yang Bermanfaat

Merangkum dari berbagai sumber berikut ini merupakan doa agar senantiasa mendapatkan ilmu, kecerdasan, dan kebijaksanaan yang bermanfaat.

1. Doa Meminta Ilmu yang Bermanfaat

Bacaan doa berikut berasal dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Hadis ini dinilai sebagai hadis shahih oleh Syekh Al-Albani rahimahullah dalam Sahih Ibnu Majah.

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: “Ya Allah, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.”

2. Doa Mohon Pemahaman yang Baik

Adapun doa berikut terdapat pada Al Qur’an Surat Thaha ayat 144.

رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا ناَفِعًاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Robbi zidni ‘ilman naafi’an warzuqni fahma.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan berikanlah aku pemahaman yang baik.”

3. Doa Mohon Ilmu Manfaat dan Berlindung kepada Allah dari Penghuni Neraka

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa’nii bimaa ‘allamtanii wa ‘allimnii maa yanfa’una wa zidnii ‘ilman, alhamdulillahilladzi ‘alaa kulli haalin wa a’uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: “Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka”. (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

4. Doa Mohon Kelancaran Belajar

Agar mendapatkan ilmu yang manfaat, sebaiknya biasakan sebelum memulai pembelajaran dengan membaca doa berikut:

رَضِيْتُ بِاللّٰهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّىْ زِدْنِيْ عِلْمًـا وَارْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhittu billahirobba wabil islamidina wabimuhammadin nabiyyaw warasullah, rabbi zidni ‘ilman warzuqnii fahmaa.

Artinya: “Kami ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul. Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman yang baik.”

5. Doa Mohon Kebermanfaatan Ilmu

Adapun doa selanjutnya yang bisa kamu amalkan ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

6. Doa Agar Mendapatkan Keberkahan dari Semua Ilmu yang Dipelajari

Berikut doa selanjutnya yang bisa kamu bacakan dan amalkan:

للَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang engkau berikan kepada kami.”

Demikianlah sejumlah doa yang bisa kamu bacakan dan amalkan. Semoga dengan membacakan sejumlah doa tersebut senantiasa mendapatkan keberkahan dan ilmu yang bermanfaat. Wallahu’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru