6 Gerakan Olahraga Yang Aman Dilakukan Oleh Lansia

Resa Azzahra 0 Komentar

Di Usia Lansia Yang Memiliki Tubuh Yang sudah Semakin Rentan Bukan Menjadi Penghalang Untuk Terus Berolahraga & Kamu Bisa Coba 6 Olahraga ini

Indiffs – Diusia berapapun olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, tidak terkecuali untuk lansia. Tubuh yang sudah semakin rentan bukan menjadi penghalang untuk terus berolahraga. Justru dengan berolahraga, tubuh akan terhindar dari masalah persendian, jantung, pembuluh darah dan paru-paru.

Karena tubuh yang sudah tidak lagi muda, lansia tidak disarankan untuk melakukan olahraga intensitas tinggi atau berat. Untuk itu harus difokuskan kepada perawatan agar fungsi-fungsi tubuh tetap terjaga. Nah, berikut jenis-jenis olahraga yang aman untuk dilakukan lansia.

1. Peregangan

Peregangan

Peregangan – Hello sehat

Peregangan sebaiknya dilakukan setiap hari karena ini adalah latihan penting untuk menjaga kondisi otot lansia yang semakin mengendur. Pastikan regangkan semua otot yang berbeda di tubuh, seperti punggung, perut, lengan, paha , leher dan betis, seta lakukan di bagian persendian secara teratur agar tidak kaku.

2. Yoga

Yoga

Yoga – Futureday

Yoga merupakan latihan peregangan yang lebih ter struktur, latihan membantu pembentukan otot saat bersamaan. Dengan melakukan olahraga yoga sangat bagus untuk mereka yang mengalami masalah dengan sendi dan tulangnya

 3. Jalan Cepat

Jalan cepat

Jalan cepat – Detikhealth

Jalan cepat dapat meningkatkan detak jantung dan kemampuan otot jika dibandingkan dengan jooging, jalan cepat juga tidak terlalu berdampak pada persendian. Jika lutut atau pergelangan kaki cukup lemah, jalan cepat akan menjadi pilihan olahraga yang jauh lebih baik dari pada joging.

4. Squat

Squat 

Squat  – Doktersehat

Olahraga ini merupakan olahraga sederhana yang efektif untuk mendapatkan dosis latihan keseimbangan harian. Latihan yang satu ini tidak memerlukan peralatan apapun. Kamu hanya perlu mulai dari posisi duduk di kursi dan perlahan-lahan bangun, dengan tangan terentang sejajar dengan lantai dan tidak mencengkeram apapun sebagai penyangga.

5. Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan

Latihan keseimbangan – Alodokter

Memasuki usia lanjut, biasanya akan mengalami kekurangan keseimbangan sehingga meningkatkan risiko cedera. Latihan keseimbangan dapat mengurangi risiko terjatuh saat berjalan atau ketika akan melakukan aktivitas lain. Latihan ini dapat dilakukan dengan berdiri di atas satu kaki atau berjalan jinjit.

6 Berdansa

Berdansa

Berdansa – PlingPoint

Melakukan gerakan dansa dengan diiringi musik kesenangan tentu akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tak hanya itu, ternyata berdansa juga baik untuk menjaga kebugaran serta keseimbangan tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru