6 Hikmah Ziarah Kubur, Mengingatkan Kita Akan Akhirat!

Resa Azzahra 0 Komentar

Dalam berziarah terdapat hikmah dibalik ziarah kubur yang akan di dapatkan oleh peziarah. Dengan berziarah kita telah membahagiakan mereka

INDIFFS.COMHikmah ziarah kubur bisa memberikan banyak kesadaran dan peringatan bagi manusia yang masih hidup di dunia. Ziarah kubur bukan hanya kegiatan mengunjungi makam, melantunkan doa ziarah, lalu bertegur sapa dengan orang yang sudah meninggal, akan tetapi ada banyak hikmah yang luar biasa yang bisa di dapatkan dari ziarah tersebut.

Berziarah kubur sendiri adalah sesuatu hal yang disyariatkan dalam agama berdasarkan hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam dan ijma’. para ulama fiqih memiliki dua pendapat khusus untuk kaum wanita, sedangkan laki-laki mereka tidak ada pertentangan antara ulama tentang bolehnya berziarah kubur.

Anjuran untuk berziarah tersebut tak lepas dari dua tujuan pokok utama dalam berziarah yakni sebagai sarana untuk mengingat kematian dan untuk mendoakan ahli kubur. Hukum ziarah kubur untuk kaum laki-laki, ulama fiqih tidak ada pertentangan mengenai hukumnya, yakni sunnah. Namun untuk perempuan, ulama fiqih masih berselisih pendapat.

Hikmah Ziarah Kubur

Terlepas dari itu, ada beberapa hikmah yang dapat kita ketahui. Meski bukan sesuatu yang diwajibkan, akan tetapi ada sejumlah manfaat uang didapatkan. Apa saja? Berikut ini hikmah yang diperoleh oleh para peziarah.

1. Menjauhi Sifat Keduniawian (Zuhud)

Dengan mengunjungi makan orang yang sudah meninggal, kita meninggalkan sejenak aktivitas kehidupan duniawi. Keduniawian yang dipenuhi dengan hak yang menyenangkan yang terkadang membuat kita lupa tentang akhirat. Dengan pergi berziarah kubur dapat mengetuk hati kita agar tidak terlalu cinta dunia karena semuanya hanya sementara dan manusia pasti akan berakhir dengan kematian.

2. Menyenangkan Hati Ahli Kubur

Salah satu hikmah dalam mengunjungi kuburan ialah dapat membahagiakan ahli kubur. Karena doa yang dilantunkan di pemakaman dapat menyelamatkan mereka dari azab kubur yang sangat pedih. Seperti yang dijelaskan dalam hadis yang artinya:

“Tiadalah seseorang yang menziarahi kubur saudaranya seraya duduk di dekat kuburannya itu, melainkan penghuni kubur akan merasa senang kepadanya sehingga orang itu beranjak pergi dari kuburnya.” (HR. Abu Daud)

3. Meringankan Siksaan Ahli Kubur

Tak hanya membuat para ahli kubur senang, hikmah lainnya yakni dapat meringankan siksaan yang mereka dapatkan. Oleh karena itu, disunahkan bagi peziarah untuk membacakan surat Yasin seperti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis berikut:

“Barangsiapa yang memasuki pekuburan, lalu membaca Surat Yasin, Allah akan meringankan siksa bagi penghuni kubur dan bagi yang membaca mendapat pahala kebaikan-kebaikan sejumlah penghuni kubur tersebut.” (HR Abdul Aziz)

4. Mengingatkan Hamba Akan Akhirat

Mengingatkan hamba kepada akhirat dan memberi pelajaran berharga baginya akan kehancuran dunia dan kefanaannya. Sehingga jika ia kembali dari makam, timbul rasa takut kepada Allah Azza wa Jalla yang bertambah, dan kemudian memikirkan akhirat dan beramal untuk itu. Melihat kuburan orang yang sudah meninggal bisa menyadarkan kita bahwa kematian itu dekat dan datang kepada siapa saja baik, tua, muda, sehat maupun dalam keadaan sehat sekalipun.

“Tidaklah seseorang mengingat mati pada waktu lapang hidupnya, kecuali akan menjadikan dia merasa sempit (umurnya terasa pendek dan semakin dekat ajalnya). Dan tidaklah (dia mengingat mati) pada waktu sempit hidupnya (karena sakit, fakir, dll) kecuali akan menjadikan dia merasa lapang (karena mengharapkan balasan dari Allah dengan sebab keikhlasan dan kesabaran ketika menghadapinya).” (HR. Ibnu Hibban)

5. Ingat Akan Hari Pembalasan Pada Kiamat Kelak

Para peziarah akan mengingat tentang adanya balasan di hari akhir atau hari kiamat. Bagi yang banyak beramal baik sewaktu hidup akan masuk surga, sementara yang banyak dosa akan disambut di api neraka,

“Berziarah kuburlah, karena ia dapat mengingatkanmu akan akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

6. Melembutkan Hati Peziarah

Saat seorang peziarah mengunjungi makam, akan membuatnya ingat tentang kehidupan akhirat, lalu tidak ter lena dengan dunia, maka sejalan dengan itu hati kita juga bisa menjadi lebih lembut. Karena sekeras apapun hati manusia dan kepercayaan yang dimilikinya, akan goyah ketika melihat makam karena sadar bahwa dunia ini hanya sementara.

itulah beberapa hikmah yang bisa kita dapatkan dalam menziarahi makam. Semoga dapat bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru