6 Kandungan Makanan yang Baik Bagi Penderita Tumor

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa kandungan serta makanan yang baik untuk di konsumsi bagi penderita tumor. Serta dapat mencegah terjadinya tumor pada tubuh.

INDIFFS.COM – Makanan sangat penting bagi kehidupan manusia karena dari makanan kita mendapatkan energi untuk menjalankan fungsi tubuh dan bahan penyusun tubuh. Namun, itu tergantung pada jenis nutrisi yang dimilikinya. Adapun fungsi makanan bagi tubuh sangat penting untuk pencegahan penyakit, termasuk mencegah penyakit tumor otak. Perlu diperhatikan tidak semua makanan baik di konsumsi untuk penderita tumor otak. Berikut ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita tumor otak, yang dilansir dari berbagai sumber:

Makanan yang Mengandung Antioksidan

Tumbuhnya tumor dikarenakan kurangnya asupan makanan yang mengandung antioksidan. Untuk itu dengan memakan makanan yang banyak mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi pertumbuhan tumor. Tak hanya itu, antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas, karena di dalam antioksidan terdapat vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. 

Adapun beberapa makanan yang mengandung antioksidan seperti buah beri, brokoli, wortel, bayam, kacang kedelai, kecambah, kayu manis, cengkih, jahe, lada hitam, dan jinten.

Makanan yang Mengandung Omega 3

Kandungan Omega 3 termasuk jenis asam lemak essential yang sering kali disebut-sebut sebagai bahan super, karena memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, omega 3 ini di perlukan dan wajib di konsumsi bagi pengidap tumor otak karena membantu mengurangi rasa sakit yang terjadi pada kista. 

Adapun makanan yang mengandung banyak omega 3 seperti ikan kembung, ikan salmon, ikan teri, ikan tuna, tiram, kacang kenari, kacang kedelai, dan telur.

Makanan yang Memiliki Kandungan Serat

Serat ini berfungsi untuk memelihara mikroba baik di dalam usus. Selain itu, serat juga dapat membantu proses pencernaan makanan, mikroba inilah yang akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun. Tentunya dengan memakan makanan yang mengandung tinggi akan serat sangat baik dikonsumsi pada penderita tumor.

Adapun beberapa makanan yang banyak mengandung serat seperti jagung, alpukat, kacang- kacangan, brokoli, tomat, dan beras merah.

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Kondisi tumor yang parah, akan mengakibatkan pendarahan dan ini akan menyebabkan kehilangan zat besi. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kaya akan zat besi. Tak hanya itu, zat besi juga baik di konsumsi untuk mencegah anemia. 

Adapun beberapa makanan yang banyak kaya akan kandungan zat besi seperti daging merah, jeroan, sayuran hijau, tahu, kacang kacangan dan ikan atau makanan laut.

Hindari Makanan yang Berwarna Putih

Makanan yang berwarna putih cenderung makanan olahan yang rendah akan nutrisi dan tinggi akan gula. Makanan putih ini seperti roti, yang mungkin kurang akan nutrisi. Dan ini sebaiknya di hindari dan makan makanan yang mengandung sumber vitamin seperti biji-bijian.

Hidrasi Tubuh

Keseimbangan cairan bagi tubuh sangat di perlukan, karena ini menjamin untuk fungsi metabolisme sel tubuh. Ini juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh serta melancarkan peredaran darah. Maka dari itu, selain mengonsumsi makanan yang baik penting juga di perhatikan untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan serta kandungan yang baik dikonsumsi bagi penderita tumor. Akan tetapi, perlu di perhatikan pula terhadap pola hidup yang sehat seperti berolahraga ringan secara tepat. Hal itu membantu proses pemulihan dari penyakit yang di derita. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru