6 Kegunaan Ijazah Yang Menjadi Penentu Nasib Masa Depan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa manfaat atau kegunaan ijazah yang dapat diartikan sebagai surat yang menjadi penentu masa depan dan nasib seseorang.

INDIFFS.COM – Ijazah adalah surat bukti kebenaran dan sah yang menyatakan bahwa siswa atau mahasiswa telah lulus dari sebuah lembaga pendidikan. Tentunya mendapatkan surat ijazah ini memiliki kegunaan yang sangat penting, terlebih bagi fresh graduates yang akan melamar pekerjaan.

Karena memang Ijazah menjadi bukti atau simbol yang menyatakan bahwa seseorang telah berhasil menyelesaikan proses pembelajaran pada jenjang tertentu. Didalam sebuah ijazah tentunya pasti akan tertera instansi atau lembaga pendidikan asal dan jenjang yang telah ditempuh dalam kurun waktu tertentu.

Tak hanya itu, meskipun terbuat dari selembar kertas yang bertanda tangan, surat ijazah ini memiliki peranan penting bagi masa depan. Terlebih keberadaannya dapat menilai kecerdasan seseorang dan menjadi syarat penting untuk menjadi tenaga pendidik atau bekerja di perusahaan.

Kegunaan Ijazah

Ijazah memiliki banyak manfaat bagi seseorang, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa kegunaan dan manfaat ijazah.

1. Syarat untuk Melanjutkan Jenjang Pendidikan Selanjutnya

Kegunaan pertama ijazah ialah bermanfaat bagi seseorang yang berniat untuk melanjutkan jenjang pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentunya untuk menempuh jenjang yang lebih tinggi pasti membutuhkan ijazah pendidikan terakhir. Hal ini sebagai syarat utama sebelum diterima di instansi pendidikan yang dimaksud.

Karena mungkin kamu tidak pernah mendengar pelajar yang baru lulus sekolah menengah pertama tiba-tiba mengambil jalur pendidikan untuk Perguruan Tinggi bukan? Oleh karena itu ijazah sangat berperan penting untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Pembuktian Intelektualitas Seseorang

Meskipun ijazah tidak sepenuhnya yang menentukan kualitas atau intelektual dari seseorang. Namun, hal ini bisa disiasati dengan melihat asal atau dimana seseorang tersebut mengenyam pendidikan.

Ya, pada intinya, ijazah menjadi bukti yang sah atas apa yang telah dipelajari selama masa pendidikan dan menentukan seberapa cerdasnya seseorang melalui nilai yang didapat tersebut.

3. Status Sosial

Status sosial menjadi salah satu simbol pengakuan dan penghargaan atas seseorang. Terkadang dalam masyarakat tradisional yang masih suka dengan penghormatan dan penghargaan, sehingga status sosial menjadi begitu penting dan bermakna.

Tentunya ini memiliki kaitannya dengan seseorang yang memiliki ijazah. Dimana seseorang yang memiliki ijazah biasanya akan mendapat gelar sebagai orang terdidik bahkan kaum cendekiawan. Inilah yang dipandang sebagai suatu kehormatan dan ini bisa menjadikan seseorang yang dipandang lebih memiliki status sosial lebih tinggi.

4. Menunjukkan Identitas Diri Seseorang

Ini kerap terjadi dalam dunia kerja, tentu dimana hal paling awal untuk menentukan identitas seseorang pelamar ialah pada ijazah. Hal ini dikarenakan dengan ijazah seseorang bisa tau kemampuan dan seberapa intelektualnya diri kamu, dan ini dapat dilihat dari selembar kertas yang disebut sebagai ijazah.

5. Penentu Besaran Gaji

Bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan, ijazah sangat penting dan memiliki kegunaan tersendiri. Dimana dengan melihat ijazah terakhir, penyedia gaji akan akan memberikan gaji sesuai pendidikan terakhir dan jenis lembaga pendidikan tersebut.

Dimana salah satu dari pegawai yang mempunyai jenjang lebih tinggi biasanya akan memperoleh gaji atau penghasilan yang lebih tinggi walaupun mempunyai tanggung jawab yang sama. Itulah mengapa ijazah terakhir ini memiliki nilai penting untuk mementukan nasib kamu, kaya atau kurangnya kehidupan.

6. Diakui Negara

Bukan berarti seseorang yang belum memiliki ijazah tidak diakui Negara, namun bagi seseorang yang telah memiliki ijazah berarti ia telah mendapatkan pengakuan yang sah dari negara. Karena memang, untuk mendapatkan pekerjaan, tentu dibutuhkan dokumen, dimana ijazah merupakan salah satu poin yang paling penting.

Seseorang yang telah mempunyai ijazah adalah orang terdidik pada bidang tertentu dan mempunyai pengakuan dari badan yang legal dari negara masing-masing. Pengakuan yang sah ini tentu tidak dapat dipalsukan secara mudah oleh oknum tertentu karena ancaman hukuman sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

Dengan adanya ijazah ini tentu seseorang mudah untuk melamar pekerjaan dimanapun yang dituju, hal ini karena ia telah mendapatkan pengakuan dari negara untuk menentukan masa depannya. Berbeda dengan seseorang yang belum mempunyai ijazah, kemungkinan ia akan sedikit sulit diterima bekerja di perusahaan-perusahaan.

Demikian beberapa kegunaan dan manfaat ijazah bagi seseorang. Tentunya semakin tinggi pendidikan terakhir dalam ijazah, semakin tinggi juga peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan ternama.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru