6 Keutamaan Membaca Sholawat Di Hari Jumat, Sangat Dahsyat

Admin 0 Komentar

Salah satu amalan sunnah yang baik dilakukan adalah membaca sholawat di hari jumat, karena terdapat sejumlah keutamaan bila mengamalkannya.

INDIFFS.COMHari jumat merupakan hari yang terbaik bagi umat Islam. Terdapat salah satu amalan sunnah yang baik dilakukan pada hari tersebut. Amalan tersebut adalah membaca sholawat di hari jumat ini, karena terdapat sejumlah keutamaan bila membacanya. 

Allah SWT berfirman dalam Quran surat Al-Ahzab ayat 56:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Keutamaan Membaca Sholawat Di Hari Jumat

Membaca sholawat sangat besar manfaatnya, karena kita akan mendapat syafa’at atau pertolongan dari Nabi Muhammad kelak di hari kiamat. Berikut ini keutamaan-keutamaan membaca sholawat di hari Jumat:

1. Dikabulkan 100 Hajat 

Keutamaan membaca sholawat nabi yang pertama yaitu akan dikabulkan 100 hajat atau kebutuhan oleh Allah SWT.  Syekh Syihabuddin bin Salamah Al-Qulyuby mengungkapkan dalam sebuah kitab Nawadirul Hikayah, beliau mengatakan:

روي عن أنس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله غليه وسلم: من صلى عليّ في يوم الجمغة مائة مرة قضى الله له مائة حاجة, سبعين من حوائج الأخرة وثلاثين من حوائج الدنيا. ويوكل الله بصلاته على ملكا حتى يدخلها على قبري كما تدخل على أحدكم الهداية. ويخبرني بإسمه فأثبته عندي في صحيفة بيضاء وأكفئه بها يوم القيامة. 

Artinya: Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda: “Barang siapa bershalawat kepadaku di hari Jumat 100 kali, maka Allah akan mengabulkan baginya 100 hajat (kebutuhan), yang 70 dari kebutuhan akhirat dan 30 dari kebutuhan-kebutuhan duniawi. Dan Allah membebankan sholawat tersebut kepada malaikat hingga menghaturkannya ke kuburanku, layaknya (cahaya) hidayah yang masuk kepada kamu sekalian, dan malaikat memberi tahu akan namanya, kemudian aku menetapkannya di sampingku di dalam lembaran yang putih bersih, dan dengan sholawatnya, aku mencukupinya (memberi syafaat) kelak di hari kiamat,”.

2. Tidak Disentuh Api Neraka

Jika seseorang yang membaca sholawat 1.000 kali maka tidak akan di sentuh api neraka. Rasulullah SAW bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَليَّ صَلاةً واحِدَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بِهَا عَشْرا، وَمَنْ صَلَّى عَليَّ عَشْرا صَلَّى الله عَلَيْهِ بِها مائَةً، وَمَنْ صَلَّى عَليَّ مائَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بها ألْفا، وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ ألْفا لم تَمسَّهُ النَّارُ}. 

Artinya: Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali, maka karenanya Allah bersholawat sepuluh kali baginya. Barang siapa bersholawat kepadaku sepuluh kali, maka karenanya Allah bersholawat seratus kali baginya. dan Barang siapa yang bersholawat 1.000 kali maka takkan disentuh api neraka”. Barang siapa bersholawat kepadaku seratus kali, maka karenanya Allah bersholawat seribu kali baginya.

3. Mendapat Syafaat dari Rasulullah SAW

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ 

Artinya: ““Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.”. (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani).

4. Masuk Surga

Keutamaan membaca sholawat di hari Jumat sebanyak 1.000 kaliyaitu ia akan masuk surga. Rasulullah SAW bersabda:

وقال النبي صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ ألفَ مَرَّةٍ لم يَمُتْ حَتَّى يُبَشَّرُ لَهُ بِالجَنَّةِ}. 

Artinya: Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa bersholawat kepadaku 1.000 kali maka takkan meninggal dunia sehingga diberikan kabar gembira masuk surga”.

5. Penghapus Dosa

Seseorang yang membaca sholawat pada hari Jumat sebanyak 40 kali, maka dosa-dosanya akan dihapus oleh Allah SWT.

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى عَلَيَّ في كُلِّ جُمُعَةٍ أرْبَعِينَ مَرَّةً مَحَا الله ذُنُوبَهُ كُلَّهَا}. 

Artinya: Nabi Shollallohu alaihi wasallam bersabda : “Barang siapa bersholawat kepadaku di setiap hari Jumat sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya”.

6. Berada Paling Dekat dengan Rasulullah SAW saat Hari Kiamat

Rasulullah SAW bersabda:

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Artinya: “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena sholawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bersholawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi)

Itulah beberapa keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW di hari Jumat, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru