6 Keutamaan Meninggal di Hari Jumat, No 2 Paling Diinginkan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Hari jumat adalah rajanya hari. Keutamaan orang yang meninggal di hari jumat ini bisa menjadi tanda meninggal dalam husnul khotimah.

INDIFFS.COM – Kita semua tau bahwa hari Jumat memiliki keistimewaan dan menjadi hari baik bagi umat islam. Dan menjadi hari yang istimewa bila seseorang meninggal di hari Jumat, hal ini juga di percaya memiliki keutamaan nya tersendiri.

Meninggal di hari Jumat diyakini umat Islam sebagai hari terbaik untuk meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Hal ini di jelaskan dalam hadis oleh Imam at-Tirmizi.

Hadits tersebut berbunyi:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- : مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَمُوتُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ إِلاَّ وَقَاهُ اللَّهُ فِتْنَةَ الْقَبْرِ (رواه الترمذي)

An abdi al-lawhi bhi amrii qalaa qalaa rasuulu al-lawhi -salillahu alaihii- wasalamm: maa min muslim yaamuutu yauuuma al-khoimhaatu awlaailahal illaw waqaahu al-lawhu fitnaa al-qabri (diriwayatkan at-Tarmidzi)

Artinya: Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr, ia berkata: Rasulullah saw bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat kecuali Allah akan melindunginya dari adzab kubur.” (Sunan at-Tirmidzi/vol. III/hadis ke 1074).

Keutamaan Meninggal di Hari Jum’at

Menjadi hari yang istimewa, seseorang yang meninggal di hari Jumat juga dipercaya memiliki keutamaan tersendiri. Berikut ini beberapa keutamaan atau keistimewaan meninggal di hari Jumat:

1. Hari Baik Bagi Umat Muslim

Hari Jumat adalah hari baik atau terbaik, karena ada waktu khusus dimana Allah SWT akan mengabulkan permohonan hamba-nya. Hari jumat adalah hari yang penuh berkah dan bermanfaat dalam satu minggu. Dari Abu Hurairah radhoyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ وَقَالَ بِيَدِهِ قُلْنَا يُقَلِّلُهَا يُزَهِّدُهَا

ean ‘abi hurayrat radi alllah eanh qal qal ‘abu alqasim salla alllah ealayh wasallam fi yawm aljumueat saeat la yuafiquha muslim wahu qayim yusalli yas’al alllah khayran ‘illa ‘aetah waqal biadih qulna yuqalliluha yuzahhiduha

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda: “Pada hari Jumat terdapat waktu, yang tidaklah seorang hamba muslim shalat dan meminta kebaikan kepada Allah, kecuali Allah akan mengabulkannya.” Beliau memberi isyarat dengan tangannya. Kami berkata; ‘Yaitu beliau menyempitkan nya.” ( HR Bukhori dan Muslim).

2. Jadi Penghuni Surga

Ada beberapa keutamaan umat muslim yang meninggal di hari Jum’at. Salah satunya di yakini dapat menjadi penghuni surga nya Allah SWT. Hal ini juga di jelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, yang dimana Nabi kita SAW bersabda:

خَيرُ يومٍ طَلَعتْ عليه الشمسُ يومَ الجُمُعةِ ، فيه خُلِقَ آدمُ ، وفِيه أُدْخِلَ الجنةَ ، وفيه أُخْرِجَ مِنها ، ولا تَقومُ الساعةُ إِلَّا في يومِ الجُمعةِ

khayr ywm talaet ealayh alshms ywm aljumuet , fih khuliq adm , wfih ‘udkhil aljnt , wafih ‘ukhrij minha , wala taqwm alsaet ‘illa fi ywm aljume

Artinya: “Hari terbaik dimana matahari telah terbit adalah hari Jum’at: di atasnya Adam diciptakan, di atasnya dia masukkan ke surga, di atasnya dia di keluarkan darinya. Dan jam berakhir akan terjadi pada hari lain selain hari Jumat.”

3. Terjaga Dari Fitnah Kubur

Salah satu Syekh memberikan pendapatnya tentang meninggal di hari Jum’at, salah satunya menjadi keutamaan. Keutamaan yang diyakini dapat terjaga dari fitnah kubur, dan merupakan salah satu pertanda husnul khatimah, seperti yang sudah dijelaskan dalam Hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Tirmizi yang berbunyi:

ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة إلا وقاه الله تعالى فتنة القبر

ma min muslim yamut yawm aljumueat ‘aw laylat aljumueat ‘iilaa waqah allah taealaa fitnat alqabr

Artinya: “Tidaklah seorang Muslim mati di hari atau malam Jum’at, kecuali Allah menjaganya dari fitnah kubur.” (HR. al-Tirmizi).

4. Terjaga dari Siksa Kubur

Tanda husnul khatimah adalah meninggal di hari Jum’at atau malam jum’at yang diamini oleh sebagian besar masyarakat adalah dengan terlindungi dari siksa kubur. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Tirmizi, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallah bersabda:

لا يموت المسلم يوم الجمعة ولا ليلة الجمعة إلا إذا حفظه الله من عذاب القبر.

la yamut almuslim yawm aljumueat wala laylat aljumueat ‘iilaa ‘iidha hafizah allah min eadhab alqabru.

Artinya: “Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malam Jum’at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Al-Tirmidzi, no. 1043)

5. Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa

Selain itu, keutamaan di hari Jum’at menjadi waktu dimana doa akan ter-kabul. Beberapa ulama berpendapat jika waktu tersebut adalah ketika usai adzan Ashar di kumandang kan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ : فِيهِ سَاعَةٌ لَا

يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

ean ‘abi hurayrat radi allah eanh ‘ana rasul allah salaa allah ealayh wasalam dhakar yawm aljumueat faqal : fih saeat la

yuafiquha eabd muslim wahu qayim yusaliy yas’al allah taealaa shayyan ‘iilaa ‘aetah ‘iiaah wa’ashar biadih yuqaliluha

Artinya: Abu Hurairah berkata Rasulullah saw pernah bersabda:” Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Muttafaqun Alaih)

6. Dipandang Baik Oleh Sekitar

Kebanyakan masyarakat sekitar yang memandang bahwa seseorang yang meninggal pada hari Jum’at atau malam Jum’at merupakan tanda akan kebaikan dan kemuliaannya. Oleh karena itu, jika ada seseorang yang meninggal maka akan di pandang baik oleh sekitarnya.

Itulah beberapa keutamaan jika seseorang meninggal dunia di hari Jumat. Semoga kita dijauhkan dari siksa neraka dan meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru