6 Manfaat Blue Cheese, Keju Berbau Tajam Yang Viral Di Tiktok

Wiwin Indriani 0 Komentar

Berkat kandungan nutrisi seperti vitamin dan fosfor yang ada didalamnya, ada sejumlah manfaat blue cheese untuk kesehatan tubuh.

INDIFFS.COM – Blue cheese atau keju biru adalah salah satu jenis keju yang mahal dan populer di dunia. Keju ini dibuat dengan kultur jamur Penicillium yang dapat dimakan. Sesuai dengan namanya, jenis keju ini memiliki lapisan bermotif seperti urat berwarna kebiruan atau kehijauan akibat bakteri yang menua. Ada sejumlah manfaat blue cheese bagi kesehatan berkat kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Manfaat Blue Cheese

Kandungan seperti vitamin A, vitamin D, Kalium, natrium, zinc, fosfor, yang terdapat dalam keju blue cheese ini diperlukan oleh tubuh kita. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat blue cheese bagi kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Blue cheese mengandung senyawa yang dikenal sebagai spermidine yang dapat menunda penuaan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Sementara alasan pasti untuk efek ini masih belum jelas, para peneliti percaya bahwa spermidine memiliki efek positif pada sel-sel otot jantung dan bagian lain dari sistem kardiovaskular.

Selain itu, keju ini adalah sumber protein yang bagus. Para peneliti juga percaya bahwa lemak dalam produk susu tertentu seperti blue cheese, mungkin memiliki efek netral atau bahkan positif pada kesehatan jantung.

2. Risiko Osteoporosis Lebih Rendah

Berkat kandungan kalsium nya yang tinggi, blue cheese dapat membantu orang mencapai kepadatan tulang yang lebih sehat. Seiring waktu, mengonsumsi makanan kaya kalsium secara teratur seperti blue cheese melindungi kesehatan tulang dan membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

3. Mencegah Obesitas

Kalsium dalam blue cheese juga dapat dikaitkan dengan mekanisme anti-obesitas yang mengurangi berat badan dari lemak. Salah satu studi menemukan bahwa konsumsi keju biru membantu mengelola kadar lemak visceral di sekitar area perut dan menjaga kesehatan usus. Kadar lemak visceral yang berlebihan telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan nutrisi yang ada di dalam blue cheese, dinilai bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat sekaligus mencegah sifat pelupa. Dengan mengonsumsi blue cheese secara teratur, kinerja sel otak bisa terus meningkat. Untuk hasil yang maksimal, mulailah tambahkan blue cheese pada makanan.

5. Sumber Fosfor

Blue cheese merupakan sumber fosfor yang sangat baik. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan fosfor dapat menyebabkan masalah terkait tulang seperti rakhitis. Selain menyehatkan tulang dan gigi, fosfor juga berperan dalam hal-hal vital dalam tubuh.

6. Melawan Arthritis

Arthritis adalah kondisi kesehatan yang kerap muncul seiring pertambahan usia. Blue cheese dapat mengatasinya berkat sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan sendi dan meredakan arthritis.

Meskipun keju bisa menjadi bagian dari diet sehat, tetapi masih tinggi garam dan lemak jenuh, jadi makanlah dalam jumlah sedang. Orang yang rentan terhadap sakit kepala atau migrain lebih baik membatasi atau menghindari keju biru. Karena, aged cheeses seperti keju blue ini adalah pemicu sakit kepala.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru