6 Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Wiwin Indriani 0 Komentar

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi serta mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, berikut manfaat buah kiwi

IndiffsBuah kiwi memiliki rasa lembut manis sekaligus asam membuat buah ini gemar di konsumsi anak-anak hingga dewasa. Buah yang berasal dari Tiongkok ini memiliki Kandungan nutrisi tinggi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, Asam amino, Folat dan kalsium serta merupakan sumber serat yang baik. Dengan begitu, banyak kandungan nutrisi buah kiwi yang bermanfaat bagi tubuh, penasaran? yuk simak berikut ini!

1. Melancarkan Pencernaan

Buah kiwi merupakan sumber prebiotik sehingga bisa menambah jumlah bakteri baik untuk membantu proses pencernaan makanan. Manfaat buah kiwi ini bersumber dai kandungan enzim actinidin, serat dan komponen fenolik. Karena itulah mengonsumsi buah kiwi bisa mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, dan mual. Bahkan, enzim actinidin yang terdapat dalam kiwi sangat baik untuk mempercepat pencernaan protein.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi, jumlah kandungan vitamin C dalam 1 gelas buah kiwi bahkan sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C adalah zat gizi yang berperan penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama dalam melawan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

3. Mengatasi Asma

Kandungan vitamin C pada buah kiwi juga memberikan khasiat lain untuk fungsi sistem pernapasan. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa fungsi paru-paru akan membaik jika penderita gangguan pernapasan mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Buah kiwi segar dianggap bisa membantu dalam mengurangi gejala asma akibat penyempitan saluran pernapasan pada penderita asma. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 mengungkapkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi buah segar secara teratur, termasuk kiwi, dapat merasakan dampak positif pada paru-paru.

4. Mengurangi Stres Oksidatif

Stres oksidatif akan menyebabkan kerusakan pada DNA yang kemudian berimbas pada kondisi kesehatan. Buah kiwi mengandung banyak antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh dan mengurangi stres oksidatif. padahal, kerusakan DNA akibat stres oksidatif bisa meningkatkan resiko kanker usus besar. Jadi mengonsumsi buah kiwi secara rutin juga dikatakan mampu menurunkan risiko terkena kanker.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengkonsumsi buah kiwi diketahui dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan vitamin C turut berkontribusi dalam produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah komponen kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Menurut penelitian konsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu kolagen juga memiliki efek anti penuaan yang mampu mengencangkan kulit dengan cara yang tepat.

6. Menjaga Tekanan Darah

Buah kiwi memiliki kandungan kalium tinggi dan natrium yang rendah sehingga berpengaruh baik untuk melancarkan aliran darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2-3 buah kiwi per hari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah kiwi secara rutin setiap hari sembari mengurangi asupan makanan tinggi garam punya manfaat untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru