6 Manfaat Daging Merah Bagi Kesehatan Tubuh, No.2 Paling Dicari

Wiwin Indriani 0 Komentar

Daging merah memiliki beberapa kandungan yang baik di dalamnya. Sehingga dapat diperoleh manfaat daging merah seperti berikut ini.

Indiffs – Daging merah mengandung protein yang baik sehingga bermanfaat bagi tubuh. Meski begitu, jika daging merah dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kolestrol, stroke, dan lainnya. Karena memiliki beberapa kandungan yang baik di dalamnya, dapat di peroleh manfaat daging merah seperti pada ulasan berikut ini.

Manfaat Menkonsumsi Daging Merah

Daging merah mengandung protein dan vitamin yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat daging merah untuk tubuh yang dilansir dari beberapa situs kesehatan:

1. Memperbaiki Otot

Protein yang didapatkan dari daging merah mengandung semua asam amino yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki otot. Seiring bertambahnya usia, memiliki massa otot sangat penting. Karena, mencegah cedera dan jatuh, sehingga memungkinkan untuk melakukan gerakan fungsional sehari-hari.

2. Menurunkan Berat Badan

Selain memperbaiki otot, protein yang terkandung dalam daging merah juga telah dikaitkan dengan penurunan berat badan karena rasa lapar dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Asupan protein tinggi dapat membantu menjaga massa otot tanpa lemak selama penurunan berat badan.

3. Mengandung Zat Besi

Daging merah tanpa lemak menyediakan jumlah zat besi yang baik, tergantung pada potongan dagingnya. Selain itu, daging merah tanpa lemak juga mengandung zat besi yang mudah diserap dibandingkan zat besi dalam makanan nabati.

Kandungan zat besi dalam daging merah juga bisa membantu kinerja jantung. Semakin tinggi kandungan zat besi, maka asupan oksigen ke otot jantung pun semakin lancar, sehingga kerja jantung semakin optimal.

4. Mencegah Anemia Defisiensi Besi

Manfaat daging merah yang lainnya adalah untuk membantu mencegah anemia defisiensi zat besi. Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi akibat tubuh kekurangan zat besi. Kondisi ini mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah yang sehat dalam tubuh. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari daging merah yaitu memiliki kandungan zat besi heme yang cukup besar.

5. Kesehatan Mental

Selain mengandung protein dan zat besi, daging merah juga mengandung vitamin. Vitamin yang terdapat pada daging merah yaitu vitamin A, B dan D. Vitamin ini baik bagi kesehatan mata, tulang dan gigi. Tidak hanya itu, nutrisi ini juga baik bagi kerja sistem saraf pusat, sehingga kesehatan mental akan terjaga.

6. Fungsi Pikiran dan Tubuh

Asam amino esensial di dalamnya diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsinya. Sumber protein lengkapnya dibutuhkan otak untuk meningkatkan fungsi pikiran, termasuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Zat besi dan seng mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga baik bagi sistem kekebalan tubuh. Sehingga baik untuk anak-anak mencegah terserang nya penyakit dan jatuh sakit.

Demikian beberapa manfaat daging merah bagi tubuh yang di dapatkan dari kandungan yang terdapat didalamnya. Tetapi, jangan mengkonsumsi nya secara berlebihan. Meskipun banyak mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh, konsumsi daging merah secara berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru