6 Manfaat Pare Untuk Kecantikan Baik Untuk Kulit Dan Rambut

Admin 0 Komentar

Berkat kandungan yang terdapat pada pare, berikut ini manfaat pare untuk kecantikan yang dilansir dari beberapa sumber

INDIFFS.COM – Paria atau pare merupakan jenis tumbuhan merambat yang berasal dari Asia dan dikenal dengan rasanya yang pahit. Meskipun memiliki rasa yang pahit, terdapat manfaat pare untuk kecantikan kulit.

Manfaat Pare Untuk Kecantikan

Berkat kandungan yang terdapat pada pare, berikut ini manfaat pare untuk kecantikan yang dilansir dari beberapa sumber:

1. Mengatasi Masalah Jerawat

Pare dapat mengatasi masalah jerawat karena mengandung vitamin C di dalamnya. Cara menggunakannya cukup mudah, campurkan satu sendok jus pare dan jus mentimun. Lalu oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Setelah selesai, bilas wajah dengan air biasa dan usap perlahan dengan handuk untuk mengeringkannya.

2. Membantu Tingkatkan Produktivitas Kolagen

Vitamin C memang disebut-sebut bahan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah membantu meningkatkan produksi kolagen. Usut punya usut, kolagen tersebut berperan krusial dalam menjaga keremajaan sel-sel kulit, sehingga dapat mencegah penuaan dini.

3. Mencegah Gangguan Kulit

Manfaat pare untuk kecantikan yang lainnya adalah dapat membantu mencegah timbulnya berbagai gangguan kulit. Pare dapat dikonsumsi baik dalam bentuk cair atau dengan menambahkannya ke makanan biasa sebagai sayur. Ini akan mencegah gangguan kulit dan mencegah masalah-masalah seperti jerawat, ruam, dan gatal-gatal dan lain sebagainya.

Hasil dari mengonsumsi pare adalah membantu kulit menjadi lebih bersinar dan lembut, berkat khasiat pemurni darahnya. Sayuran ini juga digunakan untuk mengobati penyakit dan kondisi kulit lain seperti eksim dan psoriasis serta jenis infeksi jamur lain yang rentan menginfeksi tubuh.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pare berperan melawan serta membuang radikal bebas yang membahayakan tubuh. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya juga mencegah keriput pada kulit serta memperlambat proses penuaan. Tak hanya itu buah pare bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat pare untuk kecantikan juga akan membuat rambut lebih berkilau dan sehat. Kandungan vitamin A, vitamin C, biotin dan Zinc akan memberikan kilau pada rambut. Caranya adalah dengan mengoleskan jus pare secara teratur pada rambut dan kulit kepala. Cara ini sekaligus bisa mengatasi masalah rambut rontok, beruban, rambut bercabang, dan menghilangkan ketombe.

6. Dapat Mengurangi Ruam Panas

Pare dapat membantu mengurangi ruam panas. Jika seorang kerap beraktivitas di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung tentu kerap merasakan ruam panas. Untuk mengurangi rasa terbakar pada kulit, ambil dua buah pare, buang bijinya dan potong memanjang. Lalu rebus dalam panci dan biarkan mendidih selama sekitar 15 menit. Tunggu air rebusan hingga dingin, lalu campur dengan air biasa untuk digunakan mandi. Terapkan secara rutin, maka hasilnya akan terlihat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru