6 Manfaat Sedekah Untuk Kehidupan Dunia Dan Akhirat

Wiwin Indriani 0 Komentar

Mengetahui manfaat sedekah, dapat membuat seseorang lebih semangat dalam melakukan amalan baik ini. Yuk ketahui selengkapnya!

 INDIFFS.COMSedekah merupakan perbuatan memberi kepada orang lain secara cuma-cuma tanpa melihat jumlah dan waktu. Dalam agama Islam, sedekah lebih luas dari zakat maupun infak. Karena, sedekah tidak hanya berkaitan dengan materil seperti menyumbangkan harta. Namun, sedekah juga mencakup segala amal atau perbuatan. Oleh karena itu, manfaat sedekah akan dirasakan oleh banyak orang.

Manfaat Sedekah

Dengan mengetahui manfaat sedekah, dapat membuat seseorang lebih semangat dalam melakukan amalan baik ini. Berikut terdapat manfaat sedekah dalam agama Islam.

1. Pahalanya Dilipat Gandakan

Manfaat sedekah yang pertama yaitu Allah SWT akan melipat gandakan seseorang yang bersedekah. Sebagaimana dalam firman-Nya surat Al-Hadid ayat 18:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Selain itu, terdapat juga firman lain dalam surat Al-Baqarah ayat 261:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.”

2. Menghapus Dosa

Islam menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah. Hal ini lantaran Allah telah berjanji akan menghapus dosa umatnya yang gemar bersedekah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Artinya: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614).

3. Menambah Harta Kekayaan

Sedekah akan meluaskan, melapangkan dan membuka pintu rezeki. Sebagaimana firman Allah dalam surat Saba ayat 39:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Artinya: “Katakanlah, ‘Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.’ Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.”

4. Amalan yang Tidak Putus

Sedekah dapat menjadi amalan yang pahalanya tidak terputus jika barang yang disedekahkan dapat membawa manfaat bagi orang lain. Contohnya adalah menyumbang sejadah dan mukena di masjid atau mushola yang dapat di gunakan untuk beribadah banyak orang. Selain itu, menyumbang Al-Quran juga dapat mendatangkan pahala yang terus mengalir, bahkan saat kita sudah meninggal.

5. Terhindar dari Berbagai Macam Penyakit Hati

Dengan bersedekah, kita dapat terhindar dari segala macam penyakit hati. Hal ini sebagaimana sabda Nabi SAW kepada orang yang mengeluhkan kekerasan hatinya kepada beliau:

إن أردت أن يلين قلبك فأطعم المساكين و امسح رأس اليتيم

Artinya: “Jika kamu ingin hatimu menjadi lembut, maka berilah makan orang-orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.” (HR. Imam Baihaqi)

6. Terbebas dari Siksa Kubur

Saat telah berada di alam kubur dan menunggu datangnya hari kiamat, kita akan ditanya tentang perbuatan yang telah dilakukan selama hidup di dunia. Jadi, segala hal tentang duniawi akan di pertanggungjawabkan di akhirat. Jika kita rajin bersedekah, harta yang telah kita keluarkan akan mampu menjadi penyelamat bagi kita dari siksa kubur.

Demikian manfaat sedekah yang perlu kita ketahui agar lebih semangat dalam melakukannya. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru