6 Manfaat Serai Untuk Kecantikan dan kulit, Ampuh Obati Jerawat

Hani Hnsa 0 Komentar

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata serai juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut manfaat serai untuk kecantikan dan kulit.

Indiffs – Serai merupakan tanaman dari suku rumput-rumputan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan kecantikan. Ciri khas tanaman serai memiliki batang kaku, pendek, dan daun nya seperti pita. Manfaat serai untuk kecantikan berasal dari sifat alami anti-bakteri, anti-mikrophobi, antiseptik, astringen, dan asam.

Sifat-sifat itulah yang menjadikan manfaat serai untuk kulit bisa mengatasi masalah jerawat, mengurangi minyak, mencegah timbulnya komedo, mengobati selulit, hingga mencegah kanker kulit. Agar bisa merasakan manfaat serai untuk kulit dan kecantikan, direkomendasikan menggunakannya dari minyak essensial.

Manfaat Serai Untuk Kecantikan

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai banyak digunakan sebagai aroma-terapi sekaligus bahan utama produk skincare tertentu. Berikut manfaat daun serai untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui:

1. Bisa Jadi Toner Alami

Serai merupakan bahan alami yang punya kandungan astringent, antiseptik, dan antioksidan yang dapat membuat kulit jadi lebih bersih. Serai juga dikenal bisa menenangkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat secara perlahan. Dalam kecantikan, serai bisa berfungsi baik saat digunakan sebagai toner.

Dilansir Bustle, kamu bisa menggunakan 2-3 tetes essential oil lemongrass atau serai yang dicampur dengan 1 sendok makan madu dan 2 tetes tea tree oil untuk membuat toner alami. Gunakan toner alami ini setelah mencuci muka dan sebelum memakai pelembab untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel di wajah.

2. Menghilangkan Jerawat

Masalah jerawat pada wajah memang paling mengganggu dan terkadang menyakitkan. Keberadaan jerawat ternyata bisa dihilangkan dengan manfaat serai untuk kulit. Terdapat sifat anti-bakteri dan anti-mikrophobia yang menjadikannya memberikan manfaat serai untuk kulit berjerawat.

Serai adalah ahlinya mengatasi jerawat terutama yang disebabkan oleh penumpukan kotoran ataupun kuman. Jangan ragu lagi memanfaatkan serai yang sudah dijadikan sabun untuk menghilangkan jerawat di kulit wajah. Proses penyembuhan jerawat pun bisa lebih cepat dengan manfaat serai untuk kulit.

3. Menyamarkan Noda Bekas Jerawat

Minyak serai bisa digunakan untuk menyamarkan noda bekas jerawat serta flek-flek hitam lainnya yang ada di wajah. Soalnya, serai mampu mencerahkan kulit serta meratakan warna kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Tetapi, pastikan kamu tidak terganggu dengan aroma serai yang sangat tajam ketika menggunakan minyak serai sebagai totol jerawat.

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Kandungan astringent alami yang dimiliki serai ternyata juga bisa mengatasi minyak berlebih pada kulit. Dengan begitu, serai bisa membantu kamu mengatasi pori-pori tersumbat akibat terlalu banyak minyak menumpuk di wajah. Seperti yang sudah banyak diketahui, kondisi tersebut bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

Untuk cara yang lebih mudah memanfaatkan nya, Kamu bisa menggunakan 3 tetes essential oil serai yang dicampur dengan lidah buaya dan 1 sendok teh witch hazel. Oleskan pada wajah secara merata seperti masker. Diamkan sekitar 5-10 menit, setelah itu bisa dengan air biasa. Gunakan setiap malam atau pagi sebelum beraktivitas.

5. Menghindari Gigitan Nyamuk

Aroma serai yang segar dan memiliki efek menenangkan mungkin disukai oleh manusia. Namun, wangi serai ternyata dibenci serangga, terutama nyamuk. Kamu bisa mengoleskan minyak serai secara berkala di kulit sehingga membuat kamu terhindar dari gigitan nyamuk.

6. Mengurangi Ketombe

Manfaat serai untuk kecantikan dapat diandalkan untuk mengurangi masalah ketombe membandel. Agar bisa merasakan manfaat serai untuk kecantikan ini, direkomendasikan menggunakan minyak serai.

Gunakan minyak serai secara langsung pada kulit kepala untuk membasmi ketombe. Meski demikian, manfaat serai untuk kecantikan seperti mengurangi ketombe tergantung kecocokan penggunanya, ada yang berhasil dan tidak.

Itulah manfaat sereh/serai untuk kecantikan dan kulit wanita. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru