6 Manfaat Tepung Beras Untuk Wajah Beserta Caranya, Yuk Coba!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tepung beras tak hanya bisa digunakan sebagai bahan dapur saja. Melainkan Manfaat tepung beras juga baik untuk kesehatan wajah. Yuk coba deh!

IndiffsTepung beras merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat wajah. Tepung beras uang dibuat dari beras yang ditumbuk atau digiling ini biasanya dimanfaatkan dan diolah menjadi cemilan tradisional. Tak hanya itu, manfaat tepung beras juga baik untuk wajah. Masker tepung beras ini menawarkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan wajah.

Tepung beras pasalnya sering dijadikan sebagai eksfoliasi alami dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah. Selain dapat digunakan sebagai masker wajah, tepung ini bisa digunakan sebagai Sunscreen dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Pasalnya, di dalam kandungan tepung beras, ditemukan agen antiinflamasi dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penuaan pada kulit serta menjadikan proses peningkatan pertumbuhan kembali pada kulit.

Manfaat Tepung Beras

Khasiat dari masker tepung beras ini sangat kaya akan manfaat yang baik bagi perawatan wajah secara alami. Penasaran dengan khasiat dari masker tepung beras? Yuk, simak apa saja manfaat yang diberikan!

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Masker tepung beras ini bisa digunakan oleh kamu yang memiliki masalah wajah kusam, karena tepung beras bisa membantu mencerahkan kulit wajahmu dengan pemakaian yang rutin. Tepung beras kaya akan nutrisi dan juga mineral sehingga sangat membantu dalam mencerahkan kulit. Sedangkan asam amino serta vitamin yang ada didalamnya berfungsi dalam membersihkan serta mengatasi minyak berlebih pada wajah.

2. Mencegah Tanda Penuaan

Garis halus dan kerutan ini bisa menjadi tanda penuaan. Dan hal ini bisa membuat kita menjadi kurang percaya diri saat beraktivitas. Walaupun sudah memakai make-up, tanda penuaan ini masih tetap terlihat. Untuk itu, kamu bisa menggunakan masker tepung beras sebagai penangkal tanda penuaan. Karena kandungannya dapat menyamarkan serta mengencangkan kulit.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat tepung beras juga dapat menyembuhkan atau mengecilkan pori-pori dengan mudah serta efektif. Kamu hanya cukup mencampurkan tepung beras dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan beberapa menit, jika sudah bilas menggunakan air bersih.

4. Menghaluskan Kulit

Memiliki kulit yang halus serta lembut merupakan impian setiap orang. Namun, selalu dipatahkan dengan kondisi kulit yang kasar dan kusam, hal ini disebabkan karena banyak kotoran dan sel kulit mati yang membuat wajah lebih kasar. Dan tepung beras ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi kulit kasar menjadi lebih halus.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat ini merupakan salah satu masalah yang sangat menganggu penampilan. Jerawat yang di sebabkan oleh kelenjar minyak yang tersumbat pada pori-pori sehingga terjadinya peradangan dan munculnya jerawat. Apalagi jika munculnya cerawat batu, jerawat batu ini tak hanya menganggu penampilan, tetapi juga memberikan rasa sakit pada wajah dan kepala.

Jika kamu kesal dengan adanya jerawat batu tersebut, kamu bisa atasi dengan tepung beras yang sudah dipercaya sebagai obat atau perawatan wajah secara alami.

6. Mengobati Mata Panda

Tepung ini juga dapat mengobati mata panda dan menghilangkan mata bengkak, sehingga area mata terlihat lebih segar. Dengan mengoleskan pasta tepung beras ke area bawah mata kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Kamu bisa menggunakan pasta kental menggunakan pisang, minyak jarak dan tepung beras lalu gunakan sebagai masker mata panda.

Cara Membuat Masker Tepung Beras

Masker Tepung Beras

Masker Tepung Beras – Liputan6

Jika kamu sudah mengetahui manfaatnya, kamu juga bisa mencobanya dengan menjadikannya masker dalam merawat wajah secara efektif. Coba cara dibawah ini!

  • Untuk Jerawat, Siapkan tiga hingga empat tetes minyak jarak, satu sendok makan tepung beras dan beberapa tetes air mawar. Tambahkan ketiga bahan ini ke dalam mangkuk dan aduk rata hingga teksturnya menjadi kental. Oleskan pada wajah dan biarkan selama sekitar lima menit. Bilas dengan air dingin. Kamu bisa digunakan dua atau tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.
  • Untuk Sel Kulit Mati, Siapkan dua sendok makan gel lidah buaya dan satu sendok makan tepung beras. Campurkan kedua bahan ini bersama-sama dan oleskan pada wajah kamu. Biarkan selama sekitar 20 menit atau sampai benar-benar kering. Setelah selesai, bilas wajah dengan air.
  • Untuk Kulit Merata, Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oat, 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh madu sampai mendapatkan tekstur seperti pasta kental. Kemudian oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama sekitar 8-10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air dingin. Gunakan masker wajah ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.
  • Untuk Tanda Penuaan, Kamu bisa menggunakan satu sendok makan tepung beras dan dua putih telur. Campur ke dalam mangkuk dan aduk bersama. Oleskan pada wajah kamu lalu biarkan sampai benar-benar kering. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru