6 Masalah Haid Yang Perlu Diperhatikan, Apakah Kamu Alami ini?

Resa Azzahra 0 Komentar

Setiap wanita tentunya mengalami masalah haid berbeda-beda, akan tetapi ada beberapa masalah menstruasi yang tidak boleh disepelekan loh!

INDIFFS.COM – Setiap wanita memiliki masalah haid atau menstruasi yang berbeda. Sebagian diantaranya mengalami menstruasi yang terlalu cepat dengan memperoleh menstruasi tidak teratur. Gangguan menstruasi juga bisa disertai dengan keluhan berat, seperti nyeri dan kram parah hingga depresi menjelang menstruasi.

Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, gangguan ini perlu diwaspadai karena dapat meningkatkan risiko masalah kesuburan. Tak hanya itu, menstruasi yang datang terlambat atau terlalu cepat, berlangsung terlalu lama atau terlalu singkat. Pendarahannya bisa lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya.

Masalah Haid Yang Harus Diperhatikan

Wanita biasanya mengalami menstruasi dari 3 hingga 7 hari dalam setiap bulannya, namun ada juga yang lebih dari seminggu dan bisa jadi ini merupakan tanda ada masalah dalam tubuh.

Maka dari itu, berikut ada beberapa problem menstruasi yang perlu untuk kita sadari dan jangan pernah anggap remeh! Apa kamu termasuk di dalamnya? Simak saja ulasan berikut ini:

1. Periode Menstruasi

Melansir Hop.ID, darah menstruasi terlihat banyak, tapi sebenarnya jumlah rata-rata cairan menstruasi yang dikeluarkan selama haid hanya dua hingga tiga sendok makan. Sementara penyebab perdarahan yang berkepanjangan saat haid atau menoragia merupakan salah satu masalah yang paling umum namun harus dipastikan itu tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius.

Tak hanya itu, menoragia yang berkepanjangan dapat menyebabkan kehilangan zat besi yang parah dan akhirnya dapat menyebabkan anemia.

2. Tidak Mens Selama 90 Hari

Umumnya pada wanita yang sudah menginjak usia 40 hingga 50-an, produksi estrogen di ovarium mulai melambat dan mens akan menjadi lebuh jarang atau lebih pendek hingga tidak mens sama sekali. Jika hal ini bukan lah masalah mens yang jauh lebih muda. Maka mungkin saja ini merupakan pertanda jika kamu mengalami menopause dini. Tahapan ini biasanya dimulai 4-8 tahun sebelum menopause terjadi. Sementara hal ini terjadi kamu akan semakin jarang merasakan mens.

3. Siklus Tidak Teratur

Siklus mens memang bervariasi, tetapi rata-rata siklusnya berlangsung 25-30 hari, dengan periode yang berlangsung 3-7 harian. Jika kamu mengalami masalah tidak teratur, maka berhati-hatilah dengan kondisi kesehatan lain yakni seperti tiroid. Sebab masalah ini dapat menyebabkan tidak teraturnya periode menstruasi.

Mens yang terlalu singkat juga jika dialami oleh seorang ibu bisa disebabkan oleh penggunaan alat KB hormon atau tanda-tanda mau menopause.

4. Darah Mens Keluar Deras

Biasanya darah haid akan keluar banyak di 1-2 hari pertama. Setelah itu, volume darah akan makin menyusut karena mens sebentar lagi akan selesai. Akan tetapi, jika darah mens terus keluar deras hingga hari terakhir, hal ini disebut menorrhagia dan dapat menandakan bahwa ada masalah pada sistem reproduksi. Jika hal ini terjadi, alangkah baiknya kamu segera periksa kan pada dokter, pasalnya, masalah ini tidak boleh disepelekan.

5. Mens Terasi Menyakitkan

Pernah merasakan nyeri haid luar biasa di hari-hari pertama? Masalah haid yang satu ini memang cukup mengganggu mood dan aktivitas harian. Hal ini dapat disebabkan oleh prostaglandin yakni bahan kimia yang mengirim  sinyal ke rahim bahwa sudah waktunya sel telur dilepaskan dari sarangnya (ovarium).

Nyeri mens memang normal terjadi, tetapi bila sakitnya berlangsung melebihi 3 hari dan tidak mempan diobati dengan pereda nyeri atau membuat mu tak berdaya dan tidak mampu untuk bangkit. Hal ini perlu diwaspadai.

6. Telat Mens

Pada umumnya wanita muda bisa mendapatkan menstruasi pertamanya di usia 8-15 tahun, tetapi jika belum setelah pertengahan remaja, kemungkinan ada sesuatu yang terjadi. Hal ini juga biasanya disebabkan oleh masalah hormonal dalam sistem endokrin.

Itulah beberapa masalah haid yang perlu atau penting untuk kita ketahui. Bagaimana apa kamu mengalami beberapa diatas?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru