6 Penyebab Batu Empedu, Salah Satunya Menjadi Kebiasaan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Penyebab batu empedu yang muncul dapat diakibatkan oleh endapan kolesterol. Untuk itu, yuk ketahui apa penyebab lainnya sebelum terlambat!

IndiffsPenyebab batu empedu diduga muncul akibat endapan kolesterol dan bilirubin yang menumpuk di dalam kantung empedu. Penumpukan ini terjadi ketika cairan empedu tidak mampu melarutkan kolesterol dan bilirubin berlebih yang dihasilkan hati Batu empedu sendiri adalah endapan cairan pencernaan yang mengeras sehingga dapat terbentuk di kantong empedu.

Kantung empedu merupakan organ kecil yang menyerupai bentuk buah pir di sisi kanan perut, tepat di bawah organ hati. Kantung empedu ini dapat menampung cairan pencernaan atau empedu yang dilepaskan ke organ usus kecil.

Beberapa faktor juga dapat memengaruhi seseorang terkena batu empedu, seperti faktor usia, jenis kelamin, keturunan, pola makan tidak sehat, diet yang terlalu ketat, dan kondisi medis tertentu.

Gejala utama batu empedu adalah nyeri secara mendadak di bagian kanan atas atau tengah perut. Sakit perut juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti mual, muntah, sakit punggung, bahu, hilang nafsu makan, urine berwarna gelap, sakit maag, dan diare. Dan gejala dari rasa nyeri ini dapat berlangsung beberapa menit dan jam.

Penyebab Batu Empedu

Tidak jelas apa yang menyebabkan batu empedu terbentuk, untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa penyebab di bawah ini:

1. Mengandung Banyak Kolesterol

Empedu yang biasanya mengandung bahan kimia untuk melarutkan kolesterol yang dikeluarkan oleh organ hati. Tetapi jika organ hati mengeluarkan lebih banyak kolesterol daripada yang dapat dilarutkan oleh empedu dapat mengakibatkan kelebihan pada kolesterol. Sehingga terbentuk menjadi kristal dan akhirnya menjadi batu.

2. Mengandung Banyak Bilirubin

Bilirubin adalah bahan kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah sel darah merah. Kondisi ini menyebabkan organ hati yang membuat terlalu banyak bilirubin, termasuk sirosis hati, infeksi saluran empedu dan kelainan darah tertentu. Kelebihan bilirubin berkontribusi pada pembentukan batu empedu.

3. Sering Melupakan Makan

Dengan sering membiarkan perut kosong, hal ini dapat menjadi penyebab dengan adanya batu empedu. Oleh karena itu, cobalah untuk makan pada waktu yang tepat setiap hari. Karena melewatkan makan dapat meningkatkan risiko batu empedu.

4. Kantung Empedu Tidak Kosong dengan Benar

Jika kantong empedu tidak dapat mengosongkan kantung sepenuhnya atau cukup sering, empedu bisa menjadi sangat pekat, berkontribusi pada pembentukan batu empedu.

5. Mengandung Sedikit Garam Empedu

Empedu yang tak memiliki cukup garam untuk memecahkan kolesterol di dalam organ empedu. Hal ini bisa diakibatkan karena terlalu banyak kolesterol dapat dalam empedu sehingga garam empedu larut.

6. Pertumbuhan Kolesterol yang Tidak Normal

Pertumbuhan kalau sayang tidak normal dalam sistem dan adanya peluang kinerja kontrak kantung empedu kondisi seperti sirosis, kelainan dan infeksi darah dapat menyebabkan hati menyimpan terlalu banyak bilirubin sehingga mengembangkan batu empedu pigmen.

Nah itulah 6 penyebab gejala batu empedu yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru