6 Penyebab Gagal Ginjal Akut, Ketahui Untuk Acuan Pencegahan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Penyebab gagal ginjal akut ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Dan untuk mengetahuinya sebagai acuan pencegahan, simak berikut ini!

INDIFFS.COM – Penyebab gagal ginjal akut bisa disebabkan oleh aliran darah ke ginjal. Hal ini perlu di waspadai, karena gagal ginjal akut merupakan kondisi ketika fungsi ginjal mendadak menurun secara signifikan atau tidak berfungsi sama sekali.

Penurunan fungsi ginjal bisa terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dalam hitungan hari. Penyakit ini terbilang fatal, akan tetapi tidak menutup kemungkinan penderita gagal ginjal akut bisa sembuh dan fungsi ginjalnya dapat membaik setelah diberikan perawatan medis intensif.

Perbedaan dari gagal ginjal akut dan kronis adalah waktu. Gagal ginjal akut sendiri terjadi secara tiba-tiba dan berpotensi dapat kembali normal jika penyebabnya segera diatasi. Akan tetapi, jika gagal ginjal kronis  akan berlangsung secara perlahan-lahan selama setidaknya 3 bulan dan dapat menyebabkan gagal ginjal permanen.

Penyebab Gagal Ginjal Akut

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit yang tengah menjadi perhatian ini. Penyebab dari kondisi ini dapat dibagi menjadi 3 kategori, yakni prerenal (volume urine menurun), intrinsik (masalah proses dalam ginjal) dan postrenal yang sering terjadi akibat lambatnya aliran darah menuju ginjal.

Sehingga mengakibatkan penumpukan racun dan limbah di dalam tubuh. Berikut ini ada beberapa penyebab nya yang perlu untuk dipahami sebagai pencegahan terjadinya gagal ginjal akut dalam tubuh.

1. Aliran Darah Menurun

Ada beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan aliran darah menuju ginjal menjadi lambat sehingga berdampak pada ginjal yang cedera. Karena hilangnya aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

Aliran darah pada ginjal yang berkurang disebabkan oleh banyak hal, seperti dehidrasi berat, pendarahan, serangan jantung, reaksi alergi, luka bakar yang parah, hipertensi, infeksi berat dan mengonsumsi obat anti inflamasi.

2. Memiliki Riwayat Diabetes

Diabetes adalah penyebab paling umum dari gagal ginjal, apabila penderita tidak mengelola masuknya kadar gula darah. Gula darah akan tinggi dan terus menerus dapat merusak organ tubuh, termasuk ginjal.

Tanpa pengelolaan nya yang tepat, gula darah tinggi dapat menyebabkan ginjal menjadi memburuk dari waktu ke waktu sehingga menyebabkan gagal ginjal. Untuk itu pastikan lah untuk mengelola gula darah dan tekanan darah demi mencegah atau mengurangi risiko kerusakan ginjal.

3. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Kebiasaan menahan buang air kecil harus segera di hindari, karena terlalu sering dapat menyebabkan infeksi, dan pada akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Tak hanya itu, risiko batu ginjal akan semakin tinggi. Batu kecil ini terbentuk dalam ginjal dari kelebihan natrium dan kalsium yang tidak di keluarkan secara teratur melalui urin. Untuk itu, sebaiknya hindari menahan buang air kecil terlalu sering agar dapat terjauh dari risiko penyakit ginjal kronis maupun akut.

4. Akibat Genetik dan Autoimun

Masalah auto imun dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal akut, dan penyakit genetik atau bawaan, seperti penyakit ginjal polikistik, sindrom nefritis, batu ginjal maupun infeksi ginjal berulang, hal ini dapat memperparah penyakit gagal ginjal akut. Untuk itu jika kamu memiliki faktor ini, lakukanlah deteksi dini penyakit ginjal menjadi hal yang penting agar penanganan dapat dilakukan lebih cepat.

5. Gangguan Saluran Kemih

Saluran kemih yang bermasalah, seperti tersumbat dapat menyebabkan racun menumpuk di ginjal dan membebani ginjal. Hal ini juga dapat mengganggu aliran urine yang mungkin menyebabkan gagal ginjal, seperti batu ginjal, pembesaran prostat dan gumpalan darah pada saluran kemih.

Tak hanya itu, beberapa jenis kanker juga dapat memblokir saluran urin, seperti kanker prostat, kanker usus besar dan kanker kandung kemih maupun kanker serviks.

6. Pola Hidup Kurang Sehat

Penyebab adalah kebiasaan yang berasal dari gaya hidup yang dapat risiko gagal ginjal. Seperti kebiasaan kurang minum sehingga menyebabkan tubuh kekurangan cairan, diet tak sehat, kebiasaan merokok secara berlebihan, obesitas dan obat-obatan terlarang. Maka dari itu, jika kita ingin terjauh dari risiko gagal ginjal, sebaiknya kita menjaga pola hidup kurang sehat dengan menerapkan pola hidup yang positif baik dengan mengonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga.

Gagal ginjal akut pada anak juga perlu kamu ketahui dan diwaspadai, karena hal ini dapat terjadi ketika anak demam, gangguan pencernaan seperti ingin muntah dan diare, gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek, serta yang terakhir tidak bisa kencing dengan volume urine yang keluar sangat sedikit.

Selain beberapa penyebab-nya, berikut kondisi sebagai gejala gagal ginjal:

  • Kram pada otot.
  • Kulit gatal atau kering.
  • Nafsu makan memburuk.
  • Sakit perut dan muntah.
  • Kelelahan ekstrim.
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga menjadi kebingungan.
  • Pembengkakan di area tangan atau kaki.
  • Gangguan denyut jantung.
  • Nafas berbau atau sesak napas.
  • Merasa demam atau kejang.
  • Tremor di tangan.

Demikianlah beberapa hal terkait penyebab gagal ginjal yang dapat menjadi acuan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Semoga dapat membantu dan bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru