6 Penyebab Leher Hitam, Bisa Menjadi Salah Satu Tanda Penyakit!

Resa Azzahra 0 Komentar

Memiliki leher yang hitam, namun tidak mengetahui penyebab nya. Tidak perlu khawatir sobat, yuk simak ulasannya berikut ini!

INDIFFS.COMLeher hitam adalah permasalahan kulit yang sering kali tidak disadari. Penyebab leher hitam salah satunya dapat diakibatkan karena banyak insulin dalam darah. Sehingga kulit leher akan rentan terhadap penggelapan, baik karena hormon maupun sinar matahari.

Seseorang yang kulit lehernya menjadi menghitam mungkin dapat dilihat dari perubahan pada tekstur kulitnya, seperti penebalan atau terasa lebih lembut dari pada kulit di sekitarnya. Leher hitam merupakan suatu kondisi dimana kulit di sekitar leher terasa lebih gelap dari pada kulit di sekitarnya.

Leher hitam bukan hanya terjadi karena kurangnya perawatan kulit, namun bisa menjadi tanda dari gangguan kesehatan tertentu. Oleh karena itu yuk ketahui beberapa penyebabnya berikut ini:

1. Diabetes

Kulit leher yang hitam bisa saja disebabkan oleh salah satu penyakit, yakni diabetes. Kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kulit mengalami resistensi terhadap insulin, sehingga mengakibatkan poloferasi serta perubahan  warna kulit yang menjadi lebih hitam. Kejadian ini juga umum terjadi pada wanita yang memiliki sindrom ovarium poliksistik (PCOS).

2. Tinea Versicolor

Kondisi ini adalah infeksi jamur Mallassezia furtur, jenis ragi ini sebenarnya secara alami ada di kulit, namun terlalu banyak atau pertumbuhan berlebih dapat menyebabkan bercak gelap di leher. Kulit akan tampak sangat gelap jika seseorang baru saja terkena sinar matahari. Bercak kulit pun akan terasa gatal. Salah satu cara untuk mengatasi penyakit ini ialah dengan pengobatan medis, yang biasanya akan memberikan salep Anti  jamur untuk mengatasi infeksi jamur.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari bisa menjadi salah satu alasan utama akan penyebab kulit pada leher menghitam. Pasalnya, kulit dibagian leher akan menjadi hitam karena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini akan membuat kulit menjadi terbakar dan membuatnya menjadi lebih hitam. Sinar matahari sangat berpotensi kuat, untuk itu sebaiknya hindari paparan sinar matahari tak sehat terlalu lama.

4. Gemuk

Penyebab lainnya adalah memiliki postur tubuh gemuk atau mengalami obesitas. Hal ini tandanya terlalu banyak lemak tubuh dan sebaiknya mulai mengurangi berat badan, sehingga dapat meningkatkan risiko diabetes. Untuk itu, penyebab leher hitam bukan karena seseorang jarang mandi, melainkan karena kegemukan yang dialami. Rajin lah untuk berolahraga agar tubuh tetap sehat dan terjauh dari leher hitam.

5. Gaya Hidup Kurang Bersih

Gaya hidup yang kurang bersih atau kurang sehat seperti malas mandi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Ketika seseorang malas untuk membersihkan diri, hal ini juga akan mempengaruhi kesehatan kulit, yang dimana kotoran akan menempel dan mengendap pada kulit sehingga mengubah warna kulit menjadi kehitaman. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan kebersihan tubuh agar tetap sehat dan terjauh dari kuman yang ada.

6. Penyakit Dermatitis Neglecta

Dermatitis Neglecta adalah kondisi kulit yang terjadi ketika seseorang memiliki penumpukan sel kulit mati, keringat, bakteri di kulit dan minyak. Penumpukan bakteri keringan dapat menyebabkan perubahan warna dan plak kulit. Leher merupakan tempat umum untuk berkembangnya dermatitis neglecta, karena kebersihan yang tidak memadai dengan air, sabun serta gesekan untuk menghilangkan sel-sel berlebih.

Itulah penjelasan tentang penyebab leher menghitam yang dapat kita ketahui, semoga menjadi informasi yang dapat membantu untuk lebih menjaga kesehatan kulit.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru