6 Penyebab Moody Pada Wanita, Salah Satunya Kebiasaan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Penyebab moody adalah perubahan hormon yang menyebabkan perasaan hati berubah. Penyebab nya pun bisa dari kebiasaan. Ingin tau? Simak Disini

INDIFFS.COM – Penyebab moody atau moody swing adalah perubahan suasana hati yang sangat umum dialami oleh siapapun kendati fase emosi yang fluktuatif ini akan berlalu, tetap saja kamu pun terkadang di buat kesal dan frustasi karenanya.

pastinya kamu atau teman kamu pernah tiba-tiba memiliki suasana hati yang tiba-tiba berubah, yang tadinya senang mendadak berubah menjadi sedih yang amat menyedihkan, bahkan beberapa ada yang sampai sesak di dada atau yang paling sering adalah tiba-tiba cemberut dan diam. Pasti kita yang melihatnya akan bingung dengan seketika dan tidak sedikit orang berpikir bahwa orang yang mempunyai sifat moody merupakan sesuatu yang buruk.

Menurut psikolog moody merupakan seseorang yang suka sekali dengan kesedihan, memurungkan diri, bahkan menjadi tidak nyaman. Hal ini sering dialami oleh perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Penyebab Moody

Moody biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya faktor eksternal dan internal yang memengaruhi kondisi tubuh. Berikut ini beberapa penyebab orang moody yang bisa kita ketahui:

1. Stres Atau Kelelahan

Perasaan stres dapat menimbulkan dampak pada tubuh dan kesehatan. Salah satu perubahan pada mood. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kelelahan dalam beraktivitas, sehingga tubuh menjadi lelah dan kurang tidur membuat kemampuan otak untuk menerima informasi dan stimulus menurun.

2. Sedang Dimasa Pubertas

Pubertas pada remaja adalah masa perubahan emosional, fisik dan psikologis dalam kehidupan remaja. Dan pergeseran mood yang terjadi akibat reaksi emosional selama fase kehidupan. Pubertas adalah suatu tahapan perkembangan seorang anak yang tumbuh menjadi dewasa secara seksual. Untuk perempuan biasanya terjadi pada usia 10-14 tahun, dan laki-laki pada 12-16 tahun.

3. Dehidrasi

Dehidrasi ringan saja sudah dapat membuatmu merasa lelah, susah berkonsentrasi, sakit kepala, hingga perubahan mood dan fungsi mental. Alasannya tidak lain karena dehidrasi membuat aliran darah menuju otak jadi berkurang serta neuron pada otak mengirim sinyal pada bagian tubuh lain yang bertanggung jawab terhadap pengaturan emosi dan suasana hati.

Karena dehidrasi dapat membuatmu mengalami emosional negatif dan mudah cemas serta marah. Mengonsumsi alkohol serta kafein juga dapat membuatmu dalam kondisi uretik alias buang air kecil lebih sering.

4. Sedang Diet

Kadar gula darah, kesehatan usus, dan pilihan makanan dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap kestabilan emosi. Seperti kafein, gula memberikan stimulasi pada sistem saraf dan mengelabui otak untuk mengekskresikan serotonin dan dopamin. Bila jumlahnya terlalu banyak, kamu justru akan merasa lelah dan bad mood.

5. Banyak Tekanan

Perempuan memiliki kemampuan multitasking yang lebih baik jika dibandingkan dengan pria. Dan dalam satu waktu perempuan dapat memikirkan dan mengerjakan banyak hal. Hal itulah yang menjadi masalah bagi mereka. Karena terlalu banyak yang dipikirkan dan dikerjakan lambat laun akan membuat perempuan tertekan, dan membuatnya menjadi lebih emosional sehingga terjadinya moody atau mood swing.

6. Kurang Beristirahat

Waktu istirahat atau tidur yang kurang merupakan akar dari berbagai masalah penyakit. Tak terkecuali juga dalam hal perubahan suasana hati. Mereka yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat perubahan mood semakin ketara dan imbas nya pada peningkatan hormon korisol yang menyebabkan stres.

Nah itulah beberapa penyebab moody yang bisa kita ketahui. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru