6 Penyebab Pendarahan Otak yang Umum, Bisa Berakibat Fatal!

Hani Hnsa 0 Komentar

Penyebab pendarahan otak oleh pecahnya pembuluh arteri di otak hingga menyebabkan perdarahan lokal di jaringan matinya sel-sel otak.

INDIFFS.COM – Perdarahan otak merupakan perdarahan yang terjadi di dalam jaringan otak. Penyebab pendarahan otak oleh pecahnya pembuluh arteri di otak hingga menyebabkan perdarahan lokal di jaringan sekitarnya dan matinya sel-sel otak.

Jenis-Jenis Pendarahan Otak

Umumnya, semua perdarahan yang terjadi di dalam otak disebut perdarahan otak. Tapi, berdasarkan lokasi terjadinya, perdarahan otak dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

  • Hematoma epidural dan subdural. Penggumpalan darah yang terjadi di antara otak dan tengkorak kepala, bisa berada di atas atau di bawah selaput pelindung otak.
  • Perdarahan subarachnoid. Perdarahan yang terjadi pada jaringan otak di bawah selaput pelindung otak. Perdarahan otak tipe ini seringkali disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak karena aneurisma, gangguan pembekuan darah, atau cedera kepala berat.
  • Perdarahan intraserebral. Perdarahan yang terjadi pada jaringan otak itu sendiri. Perdarahan otak jenis ini bisa menyebar hingga ke ruang ventrikel otak dan menyebabkan pembengkakan otak.

Penyebab Pendarahan Otak

Lantas, apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami pendarahan otak seperti yang Indra Bekti alami?

Mengutip dari berbagai sumber, berikut penyebab pendarahan otak yang perlu kamu ketahui:

1. Aneurisma

Aneurisma adalah melemahnya pembuluh darah yang membengkak dan bisa menyebabkan pecah. Mulanya, aneurisma dianggap penyakit bawaan. Tapi, seiring waktu, aneurisma bisa terjadi akibat penumpukan plak di arteri. Biasanya, kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

2. Trauma Kepala

Cedera kepala adalah penyebab paling umum pendarahan di otak. Kondisi ini paling berisiko di alami lansia di atas 50 tahun. Pasalnya, keseimbangan tubuh mengalami penurunan seiring bertambahnya usia seseorang.

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit kronis (jangka panjang) yang dapat melemahkan dinding pembuluh darah, tak terkecuali pembuluh darah otak. Jika tekanan darah tidak terkendali, lama kelamaan penyakit ini berpotensi menimbulkan stroke perdarahan (stroke hemoragik).

4. Minum Obat Pengencer Darah

Mengutip berbagai sumber, beberapa obat-obatan pengencer darah bisa menyebabkan pendarahan otak. Obat itu meliputi coumadin, heparin, dan warfarin.

5. Kelainan Pembuluh Darah

Kondisi yang bisa terjadi pada saat lahir ini dapat membuat dinding pembuluh darah di sekitar dan bagian dalam otak menjadi lemah. Kelainan ini bernama malformasi arteri vena.

Penderita gangguan ini tidak selalu mengeluhkan adanya gejala, namun seketika pembuluh darah dapat pecah dan menimbulkan kondisi yang berbahaya.

6. Angiopati Amiloid

Angiopati amiloid adalah kondisi terjadinya kelainan dinding pembuluh darah yang menyebabkan oleh faktor usia atau hipertensi. Kondisi ini dapat menimbulkan banyak perdarahan kecil yang mengarah pada perdarahan yang lebih besar.

Demikian beberapa penyebab pendarahan otak yang perlu kamu ketahui. Hindari agar pembuluh darah di otak tetap terjaga.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru