6 Penyebab Penyakit Kulit, Salah Satunya Menjadi Kebiasaan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Penyakit kulit adalah hal yang paling sering menyerang tubuh manusia. Lantas apa penyebab terjadinya penyakit kulit ini? Simak ulasannya!

INDIFFS.COMPenyebab penyakit kulit sangat beragam, bisa karena faktor genetik atau situasional. Penyakit kulit memang tidak berbahaya, tapi ada kasus yang lebih parah sehingga harus segera konsultasi dengan dokter. Jenis penyakit ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang sebentar ataupun lama.

Sakit yang dirasakan pun beragam, bahkan ada orang yang tidak merasakan sakit sama sekali. Seperti yang kita ketahui kulit merupakan organ terbesar pada tubuh. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus dan sinar matahari, membantu mengatur suhu tubuh, merasakan sensasi sentuhan dan nyeri. Untuk itu kita perlu menjaganya dengan baik,

Penyebab Penyakit Kulit

Umumnya, penyakit kulit disebabkan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori kulit, jamur atau organisme parasit yang hidup di kulit, virus, sistem imun lemah, genetik, dan lain-lain. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Karena Stres

Stres ini bisa menjadi alasan utama yang perlu untuk kamu perhatikan. Hormon dalam tubuh menjadi tidak seimbang saat kamu merasa stres. Hal ini dapat memicu munculnya penyakit kulit, seperti eksema, jerawat, psoriasis, vititigo dan lainnya. Selain itu, tubuh memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang membuat produksi minyak pada kulit jadi meningkat. Perlu untuk kamu ketahui juga, bahwa kulit yang lebih berminyak akan membuat-mu rentan mengalami masalah kulit, seperti gatal. 

2. Usus Radang

Penyakit ini menyebabkan inflamasi di saluran pencernaan yang menyebabkan timbulnya masalah pada kulit. Walaupun usus dan kulit merupakan dua organ yang sama sekali tidak berkaitan. Akan tetapi, saat bagian tertentu dari tubuh mengalami peradangan, efeknya bisa menjalar ke organ yang lain. Hal ini menimbulkan bercak berwarna keunguan yang biasanya banyak terlihat pada bagian kaki atau pergelangannya. 

3. Kandungan Eksim

Eksim ditandai dengan kulit merah, gatal, kering, atau bersisik. Banyak orang menyebut kondisi ini dengan istilah eksim kering. Disebabkan oleh cuaca, makanan, bulu hewan maupun pakaian dan kosmetik. Keluhan ini sering muncul pada kulit bagian leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut. Jika digaruk, kulit bersisik bisa mengelupas mengeluarkan cairan.

4. Mutasi DNA

Mutasi menyebabkan sel tubuh tidak terkendali hingga membentuk sel kanker. Penyakit kulit atau kanker biasanya dari lapisan atas kulit atau epidermis. Epidermis adalah lapisan tipis yang bertugas memberikan perlindungan pada sel-sel dan jaringan kulit di bawahnya. Mutasi DNA sendiri bisa membuat sel kenker tumbuh dalam ketiga sel kulit, yakni sel eskuamosa, basal dan melanosit.

5. Masalah Autoimun

Masalah autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh keliru dan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Gangguan autoimun bisa menyerang bagian tubuh mana pun seperti organ, persendian, otot, jaringan, termasuk kulit. Hal ini disebabkan oleh dermatomiosis atau ruam kulit yang disertai dengan lemahnya otot.

6. Infeksi Jamur

Infeksi jamur bisa menyerang bagian kulit yang cenderung lembab pada bagian kaki dan ketiak. Jamur sangat mudah berkembang biak di lingkungan yang sangat lembab maupun hangat. Oleh sebab itu, jangan pernah biarkan tubuh terlalu lama dalam keadaan basah atau lembab jika todak ingin terinfeksi jamur. Segera mandi atau keringkan tubuh setelah melakukan aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. 

Itulah beberapa penyebabnya yang perlu kamu ketahui. Apabila gejala yang kamu alami termasuk kategori ringan, perawatan rumahan saja sudah cukup dengan pemakaian krim pelembap, kompres dingin atau salep yang cocok. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru