6 Penyebab Rasa Malas, Jangan Dianggap Remeh!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Malas merupakan sesuatu yang harus dihindari, kemalasan dapat terjadi karena beberapa hal. Berikut penyebab rasa malas yang perlu diketahui!

IndiffsRasa malas sering dialami oleh banyak orang, hal ini tentu saja akan mengganggu hidup kamu salah satunya yaitu dapat mencegah kamu mencapai apa yang kamu inginkan. Melawan rasa malas bisa jadi cukup sulit, karena penyebab rasa malas tersebut yang mungkin tidak disadari. 

Penyebab Rasa Malas

Malas menjadi kebiasaan yang dapat membuat rencana pekerjaan kamu menjadi berantakan. Rasa malas dapat terjadi karena beberapa hal, berikut penyebab rasa malas: 

1. Gangguan

Penyebab gangguan paling umum adalah media sosial, teman yang banyak bicara, dan memikirkan acara mendatang yang menarik. Untuk mengatasinya, hindari semua sumber gangguan.

Coba membayangkan berapa banyak waktu yang kamu buang untuk gangguan ini, dan kemudian pikirkan apa yang dapat kamu lakukan selama waktu yang terbuang. Kamu perlu memahami cara menggunakan waktu yang kamu habiskan untuk gangguan ini.

2. Kurang Motivasi

Penyebab malas selanjutnya yaitu dikarenakan kekurangan motivasi. Mungkin kamu selalu berfikir bahwa kamu tidak bisa melakukan apa-apa, padahal memiliki motivasi itu sangatlah penting. Inilah alasan kamu kenapa tidak ingin berubah atau sering bermalas-malasan, kurangnya motivasi juga menjadi penyebab besar rasa malas ketika kamu tidak mau melakukan apapun.

3. Tidak Mempunyai Tujuan Hidup

Jika kamu tidak mempunyai tujuan hidup yang ingin dicapai maka ketika melakukan pekerjaan apapun akan membuat kamu sangat malas. Tujuan hidupmu akan selalu memotivasi kamu untuk bekerja, sebaliknya jika kamu tidak memiliki tujuan hidup maka akan membuat kamu menjadi lebih malas. Maka dari itu, mulailah mencari apa yang menjadi tujuanmu agar kamu tidak bermalas-malasan.

4. Sering Menunda-nunda

Kemalasan biasanya terjadi ketika kamu menunda-nunda sesuatu yang perlu dilakukan.  Semakin banyak pekerjaan yang ditunda menumpuk, semakin kecil kemungkinan kamu untuk memulai karena tugas yang kamu lakukan bertambah besar.

Menunda-nunda pekerjaan hanya membuat segalanya lebih sulit. Cara untuk mengatasinya adalah jika sesuatu dapat diselesaikan sekarang dan kamu punya waktu, lakukanlah sekarang. Sebaliknya, jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya, jadwalkan waktu untuk menyelesaikannya.

5. Bingung untuk Melakukan Sesuatu

Ketika merasa bingung untuk melakukan sesuatu, kita cenderung untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Kamu perlu mengidentifikasi apakah kebingunganmu memang karena tidak ada suatu hal yang perlu dikerjakan atau jangan-jangan kamu punya deadline yang harus dikejar, tapi takut untuk mulai mengerjakan.

Jika jawabanmu adalah kondisi yang kedua, cobalah untuk membuat daftar pekerjaan yang perlu kamu selesaikan setiap akhir minggu. Dengan begitu kamu tidak akan kehilangan arah.

6. Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Berbaring di kasur memang merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, berada di kasur sepanjang hari akan membuatmu merasa kelelahan, bahkan jika waktu tidurmu sudah cukup. Ini merupakan salah satu bentuk kemalasan yang kamu sendiri tidak mau mengakuinya dan mencari alasan tersendiri.

Kamu perlu memaksa dirimu sendiri untuk bangun dan mengerjakan apa yang seharusnya. Jika tidak dimulai dari sekarang, kamu secara tidak sadar akan membentuk kebiasaan buruk dan akan sulit untuk mengubahnya di kemudian hari. Tetap semangat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru