6 Penyebab Sakit Mata Yang Wajib Diperhatikan Agar Tetap Sehat

Admin 0 Komentar

Sakit mata merupakan salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang. Penyebab sakit mata ini dapat menyebabkan gangguan mata permanen.

INDIFFS.COM – Sakit mata merupakan salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang. Kondisi ini ada beberapa gejala seperti mata merah, perih, gatal hingga berair. Penyebab dari sakit mata ini dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan mata permanen.

Sakit mata dapat disebabkan oleh kondisi yang melibatkan bila mata atau kondisi struktur di sekitar mata. Cedera mata sering menjadi penyebab gejala sakit mata. Namun, seringkali kita sulit untuk mengetahui mengapa bisa terjadi sakit mata dan apa gejala nya.

Secara umum, gejala sakit mata ini bermacam-macam, dari mata terasa gatal hingga nyeri. Gejala yang harus di waspadai di antaranya penurunan penglihatan dari sebelumnya, nyeri, mata memerah, belekan dan berair. Selain itu gejala ini meliputi:

  • Kemerahan
  • Demam
  • Kedutan Mata
  • Merobek
  • Sensitivitas cahaya
  • Mati rasa
  • Kelemahan
  • Visi ganda
  • Mata Berat
  • Nyeri saat berkedip
  • Tekanan sinus
  • Debit Mata

Penyebab Sakit Mata

Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling sensitif. Oleh karena itu, jika tidak di jaga dengan baik akan kesehatannya, mata bisa terkena sejumlah masalah kesehatan, seperti sakit mata. Penyebab gejala ini sangat beragam. Untuk itu, yuk ketahui beberapa penyebab nya dibawah ini:

1. Cedera

Cedera mata seperti luka bakar pada mata dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan. Luka ini sering kali diakibatkan oleh paparan bahan iritasi seperti pemutih dan paparan cahaya matahari yang intens. Untuk pertolongan pertama pada mata saat terjadi hal ini, kamu bisa membilas mata dengan air bersih sebanyak mungkin. Jika hal ini hanya dapat menimbulkan rasa nyeri dan penurunan pada penglihatan secara mendadak, maka segeralah datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

2. Peradangan Pada Mata

Peradangan pada mata bisa menjadi salah satu penyebab mata sering mengalami sakit. Kondisi ini menimbulkan peradangan di bagian mata, seperti bagian mata putih, dalam kelopak mata hingga kornea mata. Peradangan ini dapat menyebabkan penyakit konjungtivitas, dan biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti merah atau gatal hingga pandangan buram.

3. Karena Iritasi

Biasanya, seseorang yang mengalami iritasi mata akan mengalami beberapa gejala, seperti mata berair, berwarna merah, nyeri, dan gatal-gatal. Iritasi mata bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti debu, asap rokok, alergi, paparan zat kimia, hingga infeksi. 

4. Karena Alergi

Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat-zat atau pemicu alergi tertentu. Selain itu, alergi pada mata juga bisa disebabkan oleh asap, debu, makanan, hingga penggunaan krim pemutih wajah. Untuk itu sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan krim putih wajah serta menjauhkan mata dari asap, debu dan makanan yang tidak sehat.

5. Tekanan Bola Mata

Tekanan pada bola mata bisa terjadi ketika aliran cairan di dalam mata terhambat. Tingginya tekanan pada bola mata lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada saraf mata dan retina. Kondisi ini bisa menimbulkan penyakit yang disebut glaukoma.

Penderita glaukoma dapat merasakan gejala sakit mata yang hebat, mata merah, sakit kepala, dan pandangan buram. Jenis sakit mata ini bisa dialami oleh semua kalangan usia, tetapi lebih sering terjadi pada lansia.

6. Faktor Usia

Faktor usia juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit mata. Penuaan membuat berbagai fungsi organ tubuh menurun, tak terkecuali mata. Biasanya, faktor usia bisa menyebabkan mata mengalami gangguan penglihatan, seperti katarak dan degenerasi makula. Untuk mencegah kondisi ini, sebaiknya mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, kacang-kacangan, dan yoghurt.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit mata yang bisa kita ketahui apa saja hal yang membuat mata kita sakit. Untuk itu juga kamu perlu mengetahui cara untuk menyembuhkan sakit mata dengan beberapa cara ini sebagai pencegahan:

  • Gunakan kacamata agar dapat menghindari iritasi atau melindungi mata dari debu dan kotoran.
  • Berikan kompres dingin untuk meredakan gejala sakit mata.
  • Gunakan obat tetes mata untuk menghilangkan iritasi.
  • Mengurangi aktivitas di depan layar komputer atau televisi.

Demikian hal yang bisa disampaikan, semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru