6 Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, Calon MABA Jangan Keliru!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ketahui beberapa perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN yang harus dipastikan sebelum kamu masuk ke PTN sebagai jalur seleksi.

INDIFFS.COM – Penerimaan calon mahasiswa baru 2023 kini telah dibuka. Berbagai tes ujian seleksi akan diadakan, mulai dari SNMPTN hingga SBMPTN. Namun, antara SNMPTN dan SBMPTN sendiri banyak orang yang sering keliru, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Memang, mungkin bagi orang yang belum mengetahui keduanya kerap terjadi kekeliruan. Bahkan, keduanya hampir membuat bingung banyak siswa SMA ketika ingin melakukan pendaftaran kuliah. Hingga pada akhirnya, mereka salah mendaftar dan menyebabkan kesulitan.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Merangkum dari berbagai sumber berikut merupakan beberapa perbedaan antara SNM dan SBM:

1. Pengertian

Keduanya memang sama-sama jalur untuk masuk ke perguruan tinggi. Namun, jika dilihat dari segi pengertian keduanya jelas berbeda. Yang mana, SNMPTN merupakan jalur undangan dengan seleksi berdasarkan nilai raport siswa.

Sementara SBMPTN merupakan jalur pendaftaran melalui tes seleksi yang dilakukan serentak. Nilai dari hasil tes nantinya yang akan menjadi tolak ukur lolos atau tidaknya kamu masuk ke PTN yang telah dipilih.

2. Waktu

Antara SNM dan SBM memang sama-sama merupakan jalur seleksi. Namun, keduanya memiliki waktu seleksinya, dimana keduanya dilakukan dengan waktu yang terpisah. SNM sendiri merupakan jalur pertama sebelum SBM. Biasanya dilakukan pada awal bulan januari hingga Februari.

Sementara, SBM dilakukan setelah SNM selesai, yang mana akan dilakukan pada bulan Mei hingga Juni. Adapun setiap tahun kedua jalur tersebut akan dibuka sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

3. Biaya Pendaftaran

Perbedaan selanjutnya ialah terletak pada biaya pendaftaran. Yang mana, jika mengikuti SNM, maka peserta akan ditanggung oleh pihak sekolah dan sebagai persyaratannya adalah nilai berdasarkan raport. Jadi, peserta tidak akan mengeluarkan biaya apapun dan hanya tinggal menunggu hasil keputusan.

Sedangkan SBM, ada biaya yang harus dikeluarkan oleh pera peserta. Kiranya kurang lebih dari Rp200 hingga Rp300 ribu rupiah. Yang mana, nantinya akan mengikuti tes seleksi sebagai salah satu jalur masuk ke PTN.

4. Peluang Masuk

Nah, untuk peluang masuk sendiri dibedakan dengan PTN masing-masing. Secara umum, setiap PTN hanya akan menerima MABA sebanyak 20% dari jalur SNM. Adapun jalur SBM akan disediakan kuota sebanyak 40% dari total MABA yang akan diterima di setiap PTN.

Selain itu, perlu diketahui bahwa saingan masuk melalui jalur SNMPTN akan jauh lebih sedikit dari SBMPTN. Sebab, yang boleh mengikuti SNM hanyalah siswa yang lulus di tahun yang sama. Sementara SBM, peluangnya terbuka lebar bagi alumni 3 tahun ke belakang.

5. Tolak Ukur Kelulusan

Perbedaan selanjutnya ialah faktor yang akan menjadi tolak ukur kelulusan. Di mana SNM nilai raport dan akreditasi sekolah lah yang menjadi ditolak ukur kelulusan.

Sementara SBM, nilai tes yang dilakukan masing-masing secara serentak yang akan menjadi penentu atau tolak ukur lulusan tidaknya seseorang.

6. Persiapan

Jika ingin masuk ke PTN melalui seleksi ini, pastinya kamu harus mempersiapkan diri sebelumnya. Namun, perlu diketahui bahwa dari SNM dan SBM sendiri persiapan yang dilakukan berbeda. Yang mana, jika SNM hal yang harus diperhatikan ialah nilai raport, dan prioritas pemilihan jurusan.

Sementara SBM, persiapan yang harus diperhatikan ialah latihan soal-soal yang nantinya akan muncul. Adapun untuk lokasi tes, harus dipastikan. Pasalnya peserta SBM akan melakukan tes sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

Nah, itulah beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui sebelum menentukan pilihan jalur, sebagai seleksi masuk ke PTN. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru